41150001, Adrian Ega Mahardika Susanto (2019) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS II DAN III TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Kedokteran)
41150001_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (531kB) |
|
Text (Skripsi Kedokteran)
41140001_bab2_sd_bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (972kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang : Rumah sakit adalah salah satu penyedia layanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan outcome dari hasil layanan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan. Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien adalah pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan. Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan menggunakan desain penelitian analitik korelasi dengan studi potong lintang (cross-sectional). Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak 31 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah The Patien Satisfaction Questionnaire Short – form Modified (PSQ-18M) dan Kuesioner Kualitas Pelayanan dengan skala Likert. Data pada penelitian ini dianalisa menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil Penelitian : Penelitian ini dilakukan di Ruang C, D, E, F, VI rawat inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta pada tanggal 8 Juni 2019. Data diambil dari 31 responden yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 16 pasien rawat inap kelas III dan 15 pasien rawat inap kelas II. Pada kelompok pasien rawat inap kelas III terdapat 15 responden memiliki tingkat kepuasan kriteria Sangat Tinggi dan 1 responden dengan kriteria Sedang. Sedangkan pada kelompok pasien rawat inap kelas II, seluruh responden memiliki kriteria tingkat kepuasan pasien Sangat Tinggi. Kualitas pelayanan yang diterima pasien rawat inap Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta sebanyak 9 responden menerima kualitas pelayanan kriteria Sangat Baik, dan 22 responden menerima dengan kriteria Baik. Uji korelasi Spearman menunjukkan hasil sangat lemah dan tidak signifikan yaitu nilai r = 0,117 dan p = 0,532 (p>0,05). Kesimpulan : Tidak didapatkan hubungan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas II dan III terhadap pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Rawat Inap, Pelayanan, Rumah Sakit, Kelas II, Kelas III |
Subjects: | R Kedokteran. Medis > Aspek Umum Kedokteran R Kedokteran. Medis > Aspek Umum Kedokteran > Kesehatan Publik. Kebersihan. Kedokteran Pencegahan |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran |
Depositing User: | ms Thalia Camilo |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 02:03 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 03:12 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/302 |
Actions (login required)
View Item |