DESAIN ANTARMUKA APLIKASI BERHITUNG BAGI SISWA TK STUDI KASUS : TK KEMALA BHAYANGKARI

23100567, GABRA MIKAEL ARDA (2016) DESAIN ANTARMUKA APLIKASI BERHITUNG BAGI SISWA TK STUDI KASUS : TK KEMALA BHAYANGKARI. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23100567_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23100567_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Taman kanak-kanak (TK) merupakan tahap awal untuk sebuah pendidikan, memberikan banyak dasar-dasar pendidikan sebelum menuju ketingkat sekolah dasar. Pendidikan TK dimulai dari 4 hingga 6 tahun. Adapun TK Negeri salah satunya TK Kemala Bhayangkari 05 Sleman. TK Kemala Bhayangkari merupakan salah satu TK Negeri yang mampu mendidik anak-anak untuk lebih kreatif dan mandiri untuk siap masuk jenjang sekolah dasar. Meskipun demikian, kurikulum TK Negeri yang sudah baik masih kurang dukungan di berbagai aspek. Seperti halnya infrastruktur seperti media media untuk pembelajaran. Oleh karena itu anak-anak akan kekurangan media untuk menyalurkan kreatifitas serta bakatnya. Dasar-dasar anak-anak untuk mengenal konsep berhitung pun membutuhkan banyak media, seperti contoh balok, permainan angka dan sebagainya. Dalam upaya membantu mengurangi permasalahan media pembelajaran dalam berhitung, penulis membuat desain antarmuka aplikasi untuk berhitung yang akan membantu guru sebagai bahan media belajar berhitung sesuai kurikulum yang ada. Desain antarmuka aplikasi berhitung yang dibangun akan membantu pengguna untuk memahami dan belajar konsep dasar berhitung sesuai kurikulum pembelajaran yang berlaku di TK Kemala Bhayangkari. Desain antarmuka dibangun dengan memakai antarmuka smartphone system operasi android. Informasi yang dijadikan sebagai desain antarmuka merupakan hasil penelitian melalui wawancara, studi lapangan, studi literatur serta kuisioner dalam pembangunan awal desain yang tepat bagi anak TK. Dengan berbagai macam metode dalam membangun desain antarmuka serta pengujiannya, informasi hasil penelitian dirangkum dan dirancang menjadi rekayasa desain antarmuka permainan berhitung melalui tampilan mobile.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Taman Kanak-Kanak, Desain Antarmuka, Android, Konsep Dasar Berhitung, TK Kemala Bhayangkari.
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Mr Yoshua Dwi Oktavianus Putra
Date Deposited: 03 Jul 2020 05:42
Last Modified: 03 Jul 2020 05:44
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2752

Actions (login required)

View Item View Item