PENERAPAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN UNTUK PERANCANGAN WEBSITE INFORMASI REMPAH NUSANTARA

71130053, YOSHUA STEFAN (2018) PENERAPAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN UNTUK PERANCANGAN WEBSITE INFORMASI REMPAH NUSANTARA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71130053_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (489kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71130053_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Digital Humanities merupakan salah satu bidang ilmu mengenai pengarsipan sejarah. Penulis melakukan penelitian visualisasi mengenai sejarah persebaran rempah di Indonesia dengan tujuan untuk melestarikan sejarah persebaran rempah di Indonesia dalam bentuk digital. Dengan adanya penelitian ini penulis dapat membantu masyarakat luas dalam mempelajari mengenai sejarah rempah di Indonesia serta turut melestarikan salah satu sejarah Indonesia sehingga tidak hilang dimakan usia. Dalam penelitian ini, penulis mengambil bagian dalam pengerjaan Front-End. Sistem ini dibangun menggunakan metode Goal-Directed Design. Terdapat 6 proses pada metode Goal-Directed Design yang dilakukan, yaitu Research, Modelling, Requirement, Framework Definition, Refinement, dan Development Support. Setelah proses Goal-Directed Design selesai, sistem yang dibuat diuji menggunakan dua soal yang berbeda tetapi dengan bobot yang sama, dan dengan menggunakan User Experience Questionarre (UEQ). UEQ menggunakan 6 skala dalam penilaiannya, yaitu Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan. Berdasarkan hasil pengujian soal, setelah responden menggunakan sistem, responden SMP dan SMA mendapatkan peningkatan sebesar 26% rata-rata jawaban benar, serta peningkatan sebesar 25% rata-rata jawaban benar untuk responden mahasiswa. Berdasarkan pengujian menggunakan UEQ mendapatkan hasil yang diperoleh berupa 4 aspek yaitu Daya Tarik, Kejelasan, Ketepatan, dan Kebaruan menunjukkan hasil di atas rata-rata. Kemudian 2 aspek lainnya yaitu Efisiensi dan Stimulasi menunjukkan hasil bagus.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Goal-Directed Design, User Experience Questionarre, Rempah.
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms Dominggas Yembise
Date Deposited: 28 Apr 2021 02:33
Last Modified: 28 Apr 2021 02:33
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item View Item