PENGARUH MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM (Amaranthus. sp) PADA SISTEM AKUAPONIK NUTIENT FILM TECHNIQUE (NFT)

31000800, Joseph Ronald Numberi (2019) PENGARUH MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM (Amaranthus. sp) PADA SISTEM AKUAPONIK NUTIENT FILM TECHNIQUE (NFT). Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Biologi)
31000800_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Biologi)
31000800_bab2_sd_bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sistem akuaponik nutrient film technique ini pada prinsipnya disamping menghemat penggunaan lahan dan air juga meningkatkan efisiensi usaha melalui pemanfaatan hara dari sisa pakan dan metabolisme ikan, serta merupakan salah satu sistem budidaya ikan yang ramah lingkungan. Akuaponik merupakan biointegrasi yang menghubungkan akuakultur berprinsip resirkulasi dengan produksi tanaman/sayuran hidroponik. Dalam penelitian ini akan digunakan sistem akuaponik nutrient film technique ini menggunakan media tanam yang ada di sekitar kita, seperti (Pecahan genteng dan Arang kayu). Untuk melihat pengaruh media terhadap pertumbuhan tanaman bayam (Amaranthus. sp ) dengan menggunakan feses ikan nila ( Oreochromis niloticus) sebagai penghasil usur nutrisi bagi tanaman. Bakteri yang berperan sebagai pengurai dalam proses nitrogen yaitu bakteri Nitrosomanas mengubah limbah/feses ikan nila menjadi nitrit dan bakter nitrobacter mengurai nitrit menjadi nitrat sebagai nutrien yang dapat dimanfaatkan tanaman bayam, kemudian tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan nila dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan, ada tiga jenis keuntungan dalam sistem akuaponik yaitu ikan, tanaman, dan bakteri yang menguntungkan. Ada dua jenis bakteri yang berbeda yaitu bakteri nitrosomonas dan bakteri nitrobacter. Bakteri Nitrosomonas mengubah amonia menjadi nitrit dan kemudian oleh Bakteri Nitrobacter, nitrit diubah menjadi nitrat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media tanam, Bayam
Subjects: Q Science > QK Botany
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Bioteknologi > Prodi Biologi
Depositing User: ms Thalia Camilo - Resign
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:54
Last Modified: 15 Jun 2021 02:15
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item View Item