PERANCANGAN SEKOLAH DASAR INKLUSI UNTUK PENYANDANG TUNADAKSA DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN INCLUSIVE DESIGN

SHAQNAZ ADELLA NATASHA LOLITA (2024) PERANCANGAN SEKOLAH DASAR INKLUSI UNTUK PENYANDANG TUNADAKSA DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN INCLUSIVE DESIGN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61200609_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (9MB)
[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61200609_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sekolah inklusif untuk para anak penyandang disabilitas fisik (tunadaksa) di Provinsi D.I. Yogyakarta. Pendidikan merupakan hak dasar bagi semua anak Indonesia termasuk di dalamnya anak penyandang disabilitas fisik namun belum banyak sekolah yang ramah disabilitas. Provinsi D.I. Yogyakarta mempunyai persentase tinggi anak dengan disabilitas fisik (penyandang tunadaksa) dan menempati urutan pertama namun belum ada sekolah khusus untuk penyandang tunadaksa di D.I. Yogyakarta. Penelitian ini mengambil lokus di Kabupaten Sleman dengan jumlah para anak dengan kedisabilitasan fisik sebanyak 662 anak. Subjek dari penelitian ini adalah anak-anak dengan kedisabilitasan fisik dan anak-anak yang tidak memiliki kedisabilitasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Inclusive Design. Perancangan berbasis Inclusive Design dapat dijadikan sebagai upaya dan dasar dalam mewujudkan sarana Pendidikan yang nyaman dan dapat mewadahi kegiatan pengguna. Penelitian ini juga menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sekolah inklusif yang layak dan nyaman untuk para penyandang disabilitas sudah menjadi kebutuhan untuk ada di tiap Kabupaten/Kota di Indonesia layaknya sekolah umum namun membutuhkan komitmen dan pendanaan yang besar sehingga kolaborasi multipihak terutama Pemerintah menjadi prasyarat utama untuk proyek sekolah inklusif.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Sekolah inklusi, Penyandang Disabilitas Fisik, Inclusive Design
Subjects: N Seni Rupa > Arsitektur
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Arsitektur
Depositing User: Shendiana Siallagan
Date Deposited: 05 May 2025 07:34
Last Modified: 05 May 2025 07:34
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/9853

Actions (login required)

View Item View Item