ADAPTASI KULTURAL, UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS SUPPORTIVE AND PALLIATIVE CARE INDICATORS TOOL - LOW INCOME SETTING (SPICT-LISTM) VERSI BAHASA INDONESIA PADA DOKTER UMUM DI KOTA YOGYAKARTA

41150075, Jessica Goldy (2019) ADAPTASI KULTURAL, UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS SUPPORTIVE AND PALLIATIVE CARE INDICATORS TOOL - LOW INCOME SETTING (SPICT-LISTM) VERSI BAHASA INDONESIA PADA DOKTER UMUM DI KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41150075_bab1_bab6_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41150075_bab2-sd-bab5_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan: Pada tahun 2015, diperkirakan terdapat sekitar 1,5 juta kematian yang terjadi di Indonesia akibat kebutuhan akan perawatan paliatif yang tidak terpenuhi. Keadaan ini dapat dihindarkan apabila dilakukan penilaian akan kebutuhan paliatif. SPICT-LISTM merupakan instrumen yang dikembangkan dan secara spesifik ditujukan untuk negara berpendapatan rendah, seperti halnya Indonesia, dalam hal penyediaan perawatan di layanan kesehatan primer. Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi kuesioner asli ke dalam bahasa Indonesia dan melakukan uji reliabilitas kepada populasi dokter umum di layanan kesehatan primer Indonesia. Metode: Tahap pertama penelitian ini, yaitu adaptasi kultural menggunakan metode oleh Beaton yang dimodifikasi lebih lanjut. Studi kualitatif melalui cognitive debriefing juga dilakukan untuk menilai validitas muka dari kuesioner yang telah diadaptasi. Tahap kedua dari penelitian ini, yaitu uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan resume kasus. Hal ini sesuai dengan keadaan klinis yang bekerja di layanan kesehatan primer Indonesia yang jarang menghadapi pasien dengan penyakit terminal.Uji Kuder Richardson (KR 20) digunakan untuk menilai reliabilitas dari pertanyaan dikotomi. Hasil: Pada tahap pertama, setelah dilakukan proses adaptasi oleh tim multidisiplin (penerjemah bahasa Inggris-Indonesia, dokter umum, konsultasi ahli), 5 orang dokter umum berpartisipasi dalam menilai validitas muka melalui pretest dan cognitive debriefing. Kuesioner hasil sintesis versi pertama kemudian diujicobakan pada tahap kedua ke 45 orang dokter umum dengan menggunakan 5 resume kasus berbeda yang memuat berbagai jenis penyakit, yang masing-masing dokter umum memperoleh 2 resume kasus. Rentang usia dokter umum mulai dari 25 sampai 64 tahun. Nilai KR-20 untuk indikator umum adalah 0,528 dan untuk indikator spesifik bervariasi dari 0,033 sampai 0,833. Kesimpulan: SPICT-LISTM versi bahasa Indonesia yang telah mengalami adaptasi kultural ini merupakan kuesioner yang valid dan memiliki reliabilitas yang dapat diterima, terutama oleh dokter umum di fasilitas kesehatan primer untuk digunakan dalam menilai kebutuhan perawatan paliatif. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk diujicobakan di rumah sakit dan oleh tenaga medis yang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perawatan paliatif, dokter umum, fasilitas kesehatan primer, adaptasi kultural
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: mr akira rafhael-off
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:30
Last Modified: 22 Jun 2021 03:36
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item