PENERAPAN AUDIT MANAJEMEN KINERJA PADA PT. CALISTA AYU YOGYAKARTA MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD

12140061, HARSINTA DWINAR RISKYANTI (2018) PENERAPAN AUDIT MANAJEMEN KINERJA PADA PT. CALISTA AYU YOGYAKARTA MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (skripsi akuntansi)
12140061_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (830kB)
[img] Text (skripsi akuntansi)
12140061_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penilaian kinerja berperan penting dalam dunia bisnis karena dapat mengukur kapabilitas sebuah perusahaan dalam beroperasi dan membantu meningkatkan kualitas kinerja perusahaan. Penilaian kinerja bisa dilakukan melalui proses audit, yaitu salah satunya melalui kegiatan audit manajemen. Audit manajemen merupakan suatu pemeriksaan terhadap kegiatan operasional perusahaan yang komprehensif, karena dapat membantu perusahaan mengetahui apakah kegiatan operasi yang berjalan telah efektif dan efisien baik dari aspek keuangan maupun non-keuangan. Agar mendapatkan hasil pengukuran yang faktual dan objektif, proses audit manajemen perlu menggunakan alat ukur yang bisa memaksimalkan proses penilaian yaitu dengan Balanced Scorecard. Balanced Scorecard sebagai salah satu alat ukur manajemen memiliki kelebihan yaitu mampu mengukur 4 perspektif (keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran & pertumbuhan) sehingga hasil skor dari Balanced Scorecard (BSC) dapat menggambarkan peringkat kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbandingan antara penilaian kinerja yang telah diterapkan oleh PT. Calista Ayu Yogyakarta dengan penilaian kinerja menggunakan Balanced Scorecard lalu memberikan tindak lanjut audit atas hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada tahun 2016 – 2017, dapat diketahui bahwa perusahaan melakukan penilaian kinerja yang hampir merujuk pada konsep Balanced Scorecard, hanya saja perusahaan tidak menggunakan tolak ukur yang kompleks atau lebih luas untuk aspek keuangan dan non-keuangan. Lalu dengan menggunakan BSC, penilaian kinerja perspektif keuangan menunjukkan kinerja yang Baik dengan skor 23,12 dari total bobot, lalu perspektif pelanggan menunjukkan kinerja Cukup Baik dengan skor 16,87 dari total bobot, perspektif proses bisnis internal menunjukkan kinerja Baik dengan skor 22,5 dari total bobot, perspektif pembelajaran & pertumbuhan menunjukkan kinerja Baik dengan skor 25 dari total bobot, sehingga skor total BSC menunjukkan angka sebesar 87,49 yang berarti predikat perusahaan berada pada nilai Baik.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Audit Manajemen, Balanced Scorecard, Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, Pembelajaran & Pertumbuhan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: ms Melania Putri
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:14
Last Modified: 29 Jul 2020 06:14
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item