ANALISIS PERBANDINGAN HARGA JUAL PRODUK MENURUT PERUSAHAAN DAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARK UP PRICING DENGAN PENDEKATAN FULL COSTING PADA PERUSAHAAN PRATAMA PIGURA

12140032, RISKI NATA MANTOLU (2018) ANALISIS PERBANDINGAN HARGA JUAL PRODUK MENURUT PERUSAHAAN DAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARK UP PRICING DENGAN PENDEKATAN FULL COSTING PADA PERUSAHAAN PRATAMA PIGURA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (skripsi akuntansi)
12140032_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (611kB)
[img] Text (skripsi akuntansi)
12140032_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penentuan harga jual yang di lakukan perusahaan Pratama Pigura sudah memadai jika di bandingkan dengan penentuan harga jual berdasarkan metode mark up pricing dengan pendekatan full costing dan untuk mengetahui apakah terdapat selisih antara penentuan harga jual yang di lakukan perusahaan Pratama Pigura dengan penentuan harga jual berdasarkan metode mark up pricing dengan pendekatan full costing. Penelitian ini meneliti dua bentuk penentuan harga pokok yaitu metode penentuan harga pokok proses dan metode penentuan harga pokok pesanan dengan menggunakan metode full costing untuk penentuan harga pokok produk dan menggunakan metode mark up pricing untuk penetapan harga jual. Penelitian ini dilaksanakan di perusahaan Pratama Pigura yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi perbedaan yaitu penentuan harga jual berbasis proses oleh perusahaan lebih rendah dibandingkan dengan harga jual menggunakan mark up pricing dengan pendekatan full costing dan penentuan harga jual berbasis pesanan oleh perusahaan lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual menggunakan mark up pricing dengan pendekatan full costing. Perbedaan ini terjadi karena perusahaan Pratama pigura diperkirakan masih menggunakan metode sederhana yaitu metode naive cost plus pricing yang tidak menghitung dan membebankan beberapa biaya yang terjadi terhadap perusahaan kedalam harga pokok produk seperti biaya non produksi yaitu biaya administrasi dan umum dan biaya pemasaran. Perusahaan juga tidak menghitung dan memasukan biaya overhead pabrik secara penuh seperti biaya overhead non kas. Harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan Pratama Pigura adalah sebesar Rp. 60.000,-/ unit untuk harga jual berbasis proses dan Rp.57.000/unit untuk harga jual berbasis pesanan sedangkan harga jual yang ditetapkan dengan menggunakan metode mark up pricing dengan pendekatan full costing adalah sebesar Rp. 69.239,-/unit untuk harga jual berbasis proses dan Rp. 52.289/unit untuk harga jual berbasis pesanan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode penentuan harga pokok proses, Metode penentuan harga pokok pesanan, Metode Full Costing, Harga Pokok Produk, Metode Mark up Pricing, Harga Jual.
Subjects: H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Akuntansi
H Ilmu Sosial > HG Keuangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: ms Melania Putri
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:04
Last Modified: 29 Jul 2020 06:04
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item