PERANCANGAN SEKOLAH TERAPI DI KOTA MALANG DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA PRAGMATIK

Julian Kenny Wijaya The (2024) PERANCANGAN SEKOLAH TERAPI DI KOTA MALANG DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA PRAGMATIK. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61200509_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (9MB)
[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61200509_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan anak-anak yang memiliki kekurangan atau keterbelakangan dari anak-anak pada umumnya. Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan salah satu gangguan yang memerlukan penanganan khusus. Autisme merupakan gangguan yang memengaruhi pertumbuhan, dan perkembangan serta interaksi sosial anak. Di Indonesia pertumbuhan anak autism diperkirakan 500.000 per tahunnya, dan pada tahun 2018 menyentuh angka 2,4 juta jiwa. Kota Malang menjadi salah satu penyumbang angka ASD yang tinggi yaitu 4 persen. Melalui data ini maka diperlukan sekolah khusus yang mampu menampung dan menangani anak penyandang autisme. Sekolah khusus perlu dihadirkan agar anak autisme bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan sama seperti orang pada umumnya. Dengan pendidikan dan terapi yang terwadahi, anak autism akan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi. Dengan pendekatan semiotika pragmatik yang digunakan dalam perancangan desain, bangunan diharapkan dapat menjadi penguat stimulan yang membantu terapis. Bangunan juga mampu menjadi lingkungan yang bersahabat dan mampu mewadahi aktivitas interaksi sosial. Dengan semiotika pragmatik diharapkan bangunan mampu membantu terapis dalam membentuk perilaku anak penyandang autisme. Perancangan ini akan dilakukan dengan melakukan studi literatur mengenai fungsi, pengguna dan pendekatan. Selanjutnya melakukan tahapan pengumpulan data primer dan sekunder secara on site dan online. Melakukan analisis dan membentuk konsep dari hasil analisa. Diharapkan bangunan ini mampu mewadahi, dan membantu terapis dalam proses terapi, namun memberikan tetap fokus dalam kenyamanan anak penyandang autisme.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus; Autism; Sekolah Khusus; Terapi; Semiotika; Pragmatik
Subjects: L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan
N Seni Rupa > Arsitektur
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Arsitektur
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:53
Last Modified: 24 Mar 2025 01:53
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/9491

Actions (login required)

View Item View Item