CO-LEARNING SPACE DI MAKALE SEBAGAI RUANG BELAJAR ALTERNATIF DENGAN PENDEKATAN GREEN ARCHITECTURE GBCI

Elisa Wirayudhaningsi (2024) CO-LEARNING SPACE DI MAKALE SEBAGAI RUANG BELAJAR ALTERNATIF DENGAN PENDEKATAN GREEN ARCHITECTURE GBCI. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61190462_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (17MB)
[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61190462_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Belajar merupakan proses seseorang memahami secara mendalam akan suatu hal untuk mendapatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang baru. Rutinitas belajar di ruang kelas dan di rumah sudah menjadi kebiasaan dan keharusan bagi setiap mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Namun, seringkali merasa jenuh/bosan karena rutinitas belajar yang terus-menerus ditambah tuntutan untuk mengerjakan berbagai tugas yang diwajibkan sebagai syarat kelulusan mahasiswa disetiap mata kuliah. Sehingga kejenuhan belajar sering kali menjadi kendala mahasiswa dalam menyelesaikan tugas yang seharusnya dikerjakan. Secara garis besar kejenuhan belajar dapat mempengaruhi hasil belajar dan berdampak pada individu dan kualitas pendidikan Indonesia yang rendah oleh karena itu hal ini menjadi perhatian bagi masyarakat luas terutama pemerintah. Co-learning Space sendiri merupakan ruang yang fungsi utamanya sebagai ruang belajar alternatif di luar lingkungan pendidikan formal. Tujuan perancangan Co-learning Space ini sebagai solusi bagi mahasiswa yang merasa jenuh dengan rutinitas belajar di kampus dan rumah/kost tetapi membutuhkan ruang belajar yang memadai untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Perancangan Co- learning Space berbasis pendekatan Green Architecture (GBCI) yang mengaitkan gaya belajar (Neil Fleming, 1987) dengan Kriteria Greenship ASD (Appropriate Site Development) dan IHC (Indoor Health and Comfort) untuk memenuhi kebutuhan aktifitas belajar dalam mengatasi kejenuhan belajar. Perancangan Co- learning Space ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Tana Toraja.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan belajar; VARK; Greenship; Co-learning Space
Subjects: N Seni Rupa > Arsitektur
T Teknologi > Konstruksi Bangunan
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Arsitektur
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:43
Last Modified: 26 Mar 2025 01:43
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/9472

Actions (login required)

View Item View Item