Sita Yuliastuti Amijaya and Yordan Kristanto Dewangga (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MAKET SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ARSITEKTUR PADA KAJIAN FASAD DINAMIS. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14 (4). pp. 475-482. ISSN 2086-6356
Text (Artikel Jurnal)
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MAKET.pdf - Published Version Download (774kB) |
Abstract
Mata kuliah Advanced Environmental System merupakan mata kuliah pilihan yang menawarkan kompetensi lanjutan bagi mahasiswa untuk mempelajari topik tertentu dan penelitian yang lebih mendalam di bidang Ilmu Bangunan. Metode pembelajaran sebelum pandemi covid lebih banyak dilakukan melalui praktik/workshop. Kajian Fasad Dinamis merupakan salah satu topik mata kuliah yang menarik untuk dikaji dalam metode praktik dibandingkan dengan metode lainnya. Workshop Fasad Dinamis dirancang untuk durasi dua minggu. Metode pengumpulan data menggunakan data dokumen pembelajaran dan metode angket. Instrumen pengumpulan data berupa lembar kuisioner dan analisis data menggunakan teknik analisis deskrisptif kualitatif. Penelitian metode pembelajaran ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan penggunaan model maket melalui kegiatan workshop dengan topik Dynamic Facade, serta (2) mengetahui keefektifan metode workshop dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap topik pembelajaran. Penelitian menunjukkan bahwa desain kegiatan kuliah praktik atau workshop memudahkan mahasiswa dalam memahami topik Fasad Dinamis. Mahasiswa lebih memahami materi pembelajaran melalui kegiatan workshop ini. Pembelajaran dapat lebih kreatif, menarik, dan interaktif dengan menerapkan metode simulasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kajian Fasad Bangunan; Maket model; Pembelajaran praktik; Pendidikan Arsitektur |
Subjects: | N Seni Rupa > Arsitektur |
Divisions: | Fakultas Arsitektur dan Desain |
Depositing User: | Beatrix Stefany |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 03:11 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 03:11 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/9201 |
Actions (login required)
View Item |