PERSEPSI DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN TERKAIT PENYEDIAAN LAYANAN PALIATIF BAGI PASIEN PENYAKIT TERMINAL DI PUSKESMAS GONDOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA

41150014, Sheilla Dewi Sadara Widarjo (2019) PERSEPSI DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN TERKAIT PENYEDIAAN LAYANAN PALIATIF BAGI PASIEN PENYAKIT TERMINAL DI PUSKESMAS GONDOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41150014_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41150014_bab2-sd_bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Angka morbiditas pasien dengan kondisi terminal di Yogyakarta selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini mengindikasikan kebutuhan perawatan paliatif yang tinggi di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Namun, tenaga kesehatan yang melakukan perawatan paliatif di Indonesia masih sedikit dan belum merata. Persepsi dan sikap tenaga kesehatan yang positif dapat memberikan perawatan paliatif yang optimal. Tujuan: Untuk memperoleh gambaran mengenai persepsi dan sikap tenaga kesehatan terkait penyediaan layanan paliatif bagi pasien penyakit terminal di Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dengan in depth interview. Populasi penelitian ini adalah tenaga kesehatan Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta. Tujuh tenaga kesehatan tersebut terdiri dari dokter dan perawat yang didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan teknik thematic framework. Hasil: Penelitian ini terdiri dari 5 tema dan 14 subtema, yaitu: (1) Pengetahuan tenaga kesehatan terkait kondisi terminal dan perawatan paliatif, yaitu: pemahaman kondisi terminal, perawatan paliatif sebagai komprehensif, dan perawatan paliatif sebagai home care; (2) Persepsi tenaga kesehatan terkait kondisi terminal dan perawatan paliatif, yaitu: penanganan kondisi terminal dilakukan di rumah sakit dan pemberian dukungan emosional; (3) Sikap tenaga kesehatan terkait kondisi terminal dan perawatan paliatif, yaitu: mendampingi pasien dan meringankan penderitaan pasien; (4) Perilaku tenaga kesehatan terkait kondisi terminal dan perawatan paliatif, yaitu: melakukan rujukan, memberikan penanganan simtomatis, memberikan semangat kepada pasien, dan memberikan edukasi kepada keluarga; (5) Harapan tenaga kesehatan mengenai perawatan paliatif, yaitu: perlunya pendidikan dan pelatihan, penambahan sumber daya manusia (SDM), dan perlunya standar operasional prosedur (SOP) perawatan paliatif. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan bahwa tenaga kesehatan memiliki persepsi dan sikap yang positif terhadap perawatan paliatif. Hal tersebut didukung dengan tingkat pengetahuan dan perilaku mereka yang baik. Namun, penyediaan layanan paliatif di Puskesmas masih kurang karena adanya keterbatasan sarana dan prasarana. Hal tersebut menjadi perhatian bagi Pemerintah untuk lebih mengembangkan pendidikan dan pelatihan mengenai perawatan paliatif, serta membuat kebijakan baru mengenai perawatan paliatif agar lebih terstruktur dan jelas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kondisi terminal, perawatan paliatif, puskesmas
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: Ms Alfina Febri-resign
Date Deposited: 26 Feb 2020 04:08
Last Modified: 22 Jun 2021 03:17
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item