HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI INFEKSI MENULAR SEKSUAL DENGAN KEPATUHAN TERAPI PADA WARIA DENGAN RIWAYAT INFEKSI MENULAR SEKSUAL DI KOTA YOGYAKARTA

41150013, HENRY EVANDORE (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI INFEKSI MENULAR SEKSUAL DENGAN KEPATUHAN TERAPI PADA WARIA DENGAN RIWAYAT INFEKSI MENULAR SEKSUAL DI KOTA YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skrispi Pendidikan Dokter)
41150013_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Dokter)
41150013_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Waria memiliki risiko tinggi terkena penyakit IMS namun antusias waria dalam menangani penyakit tersebut masih rendah. Hal ini menimbulkan ketertarikan peneliti untuk mengetahui hubungan pengetahuan terhadap kepatuhan terapi IMS. Tujuan : Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan mengenai infeksi menular seksual dengan kepatuhan terapi pada waria dengan riwayat IMS di Yogyakarta. Metode Penelitian : Pengukuran tingkat pengetahuan menggunakan kuesioner yang dibuat berdasarkan video kemenkes berjudul ‘ GR Kemenkes Infeksi Menular Seksual IMS 3 Menit’ yang diakses melalui youtube dan pengukuran tingkat kepatuhan menggunakan kuesioner Morisky Green Levine Test (MGLT). Uji statistik pada penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearman. (p=0,05) Hasil Penelitian : Responden berjumlah 45 orang waria yang tinggal di Yogyakarta. Hasil uji korelasi Spreaman menunjukkan tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan terapi pada waria dengan riwayat IMS di Kota Yogyakarta. (p = 0,944). Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan mengenai IMS dengan kepatuhan terapi pada waria dengan riwayat IMS di Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kepatuhan Terapi, IMS, Waria, Yogyakarta
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: Ms Alfina Febri-resign
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:56
Last Modified: 26 Feb 2020 03:56
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item