UNDERGRADUATE STUDENTS’ USE OF SQ3R FOR COMPREHENDING ACADEMIC READING TEXT IN ENGLISH

Edgar Gilbert Christopher (2024) UNDERGRADUATE STUDENTS’ USE OF SQ3R FOR COMPREHENDING ACADEMIC READING TEXT IN ENGLISH. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170025_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170025_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti mengkaji kepada mahasiswa mahasiswi mengenai sejauh mana strategi membaca SQ3R digunakan dalam membaca sumber - sumber akademik untuk proposal tesis mereka dan apa pandangan mahasiswa - mahasiswi terhadap penggunaan strategi membaca SQ3R dalam memahami teks bacaan akademik. Penelitian ini ditujukan kepada enam mahasiswa - mahasiswi dari jurusan pendidikan bahasa Inggris yang telah mengambil mata kuliah Research Proposal Writing sebagai prasyarat untuk dapat berpartisipasi dalam penelitian ini. Formulir persetujuan atau Consent Form akan dilibatkan dalam penelitian ini sebagai indikasi bawasannya keenam mahasiswa - mahasiswi partisipan penelitian ini melakukan pendaftaran secara sukarela yang kemudian keenam formular persetujuan dari keenam peserta riset ini yang sudah diisi akan ditampilkan dalam riset ini. Setelah peneliti mewawancarai keenam peserta riset, dilakukan analisis tematik guna mengetahui sejauh mana SQ3R benar - benar digunakan oleh mahasiswa - mahasiswi dalam membaca sumber akademik proposal skripsi dan pandangan mahasiswa - mahasiswi terhadap penggunaan strategi membaca SQ3R dalam halnya memahami teks bacaan akademik. Ada lima tema yang telah ditemukan dalam penelitian ini. Kelima tema yang telah ditemukan dalam riset ini diklarifikasikan dalam dua kategori, tema pertama dan tema kedua akan menjawab sejauh mana strategi membaca SQ3R digunakan oleh mahasiswa dalam membaca sumber akademik untuk proposal, tema ketiga, keempat, dan kelima akan menjawab mengenai pandangan mahasiswa - mahasiswi terhadap penggunaan strategi membaca SQ3R dalam membaca teks bacaan akademik. Untuk meringkas penelitian ini, lima tema yang telah ditemukan dalam penelitian ini antara lain adalah keenam mahasiswa - mahasiswi pernah menggunakan strategi membaca SQ3R, sebagian besar mahasiswa - mahasiswi menggunakan SQ3R untuk membaca jurnal, peserta menyatakan bahwa SQ3R efektif dan membantu mereka memahami teks bacaan akademik, empat dari enam peserta tertarik menggunakan strategi membaca SQ3R, dan Sebagian besar peserta riset merasa kesulitan untuk menerapkan kelima komponen - komponen strategi membaca SQ3R secara bersamaan.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: SQ3R, pandangan mahasiswa - mahasiswi mengenai strategi membaca SQ3R, memahami teks bacaan akademik menggunakan strategi membaca SQ3R
Subjects: L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan
L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Kependidikan dan Humaniora > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:36
Last Modified: 25 Sep 2024 04:36
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item