SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MENERAPKAN AUTOMATION NOTIFICATION PADA CALON MAHASISWA BARU STUDI KASUS : UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA

Maria Valencien Nessie Octataria (2024) SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MENERAPKAN AUTOMATION NOTIFICATION PADA CALON MAHASISWA BARU STUDI KASUS : UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72200402_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72200402_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Unit Admisi dan Promosi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) sering menghadapi tantangan dalam penerimaan mahasiswa baru, terutama terkait pendaftaran online yang menyebabkan kesalahan pengumpulan berkas, keterlambatan informasi, dan ketidakpahaman calon mahasiswa. Mayoritas calon mahasiswa berasal dari luar Yogyakarta, sehingga kurangnya transparansi informasi memaksa staf admin merespons pertanyaan berulang, memperlambat layanan. Untuk mengatasi masalah ini, penyebaran informasi biasanya dilakukan melalui broadcasting yang sering tidak efektif, sementara staf harus memeriksa berkas secara manual dan menghubungi calon mahasiswa satu per satu, serta mengolah data pengunjung expo secara manual, yang menyulitkan pengembangan strategi expo yang efektif. Sistem customer relationship management dengan menerapakan automation notification ini merupakan platform terpusat yang efisien dan otomatis untuk mengatur penyebaran informasi. Sistem ini dilengkapi dengan fitur scheduler untuk mengatur jadwal dan pengingat otomatis, menyediakan halaman tanggapan untuk setiap informasi yang disebarkan, serta fasilitas pengiriman pesan pribadi ke admin atau staf admisi. Data expo juga dapat diolah lebih tepat guna mendukung strategi expo. Implementasi sistem ini memenuhi spesifikasi yang dirancang, memudahkan pengelolaan data dan distribusi informasi secara otomatis. Pengujian sistem dengan metode UAT menunjukkan bahwa sistem yang telah dibangun kepada role terkait, yaitu admin, staf, dan pendaftar, dengan 35 skenario uji yang disesuaikan dengan hak akses dan tampilan masing-masing role berhasil dijalankan tanpa menemukan bug atau error, membuktikan bahwa sistem sudah teruji, dapat digunakan dengan baik, dan sesuai dengan kebutuhan. Sistem ini mampu menjawab permasalahan dan mempermudah alur proses bisnis dalam unit, terutama dalam penyebaran informasi.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran Online, Customer Relationship Management (CRM), Automation Notification, User Acceptance Testing (UAT).
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
T Teknologi > T Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:27
Last Modified: 25 Sep 2024 04:27
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item