ANALISIS PERBANDINGAN HARGA POKOK PRODUKSI YANG DITETAPKAN PERUSAHAAN DENGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (STUDI KASUS PADA PD.CAHAYA ALUMUNIUM TAHUN 2019)

12130044, Deany Christopher Yoslin (2019) ANALISIS PERBANDINGAN HARGA POKOK PRODUKSI YANG DITETAPKAN PERUSAHAAN DENGAN HARGA POKOK PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING (STUDI KASUS PADA PD.CAHAYA ALUMUNIUM TAHUN 2019). Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12130044_bab 1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (891kB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12130044_bab 2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perhitungan Harga Pokok Produksi dengan metode tradisional yang digunakan oleh perusahaan, untuk menganalisis perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Activity-Based Costing System, untuk menganalisis perbedaan hasil perhitungan Harga Pokok Produksi pada perusahaan dengan menggunakan metode tradisional dan Activity-Based Costing System dan untuk menganalisis penerapan Activity-Based Costing System pada parusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan bagian produksi dan keuangan mengenai data yang terkait dengan Harga Pokok Produksi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah Harga Pokok Produksi pada Pd Cahaya Alumunium. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah data-data yang berhubungan dengan penentuan Harga Pokok Produksi. Harga Pokok Produksi perunit dengan metode tradisional diperoleh hasil untuk produk Gerobak adalah sebesar Rp 1.633.285 sedangkan dengan metode Activity Based Costing Adalah sebesar Rp 2.200.167. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan ABC lebih akurat dibandingkan dengan metode tradisional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Activity Based Costing, Harga Pokok Produksi, System tradisional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: ms Mika Sirait-Resign
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:58
Last Modified: 17 Jun 2021 02:45
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item