PENGARUH PROTOTIPE VIRTUAL TOUR JALUR EVAKUASI KEBENCANAAN TERHADAP STUDENT EXPERIENCE DALAM PENDIDIKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA. STUDI KASUS: SD KANISIUS DEMANGAN BARU 1

Susana Ayu Handayani (2024) PENGARUH PROTOTIPE VIRTUAL TOUR JALUR EVAKUASI KEBENCANAAN TERHADAP STUDENT EXPERIENCE DALAM PENDIDIKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA. STUDI KASUS: SD KANISIUS DEMANGAN BARU 1. Thesis (S2) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Magister Arsitektur)
63220036_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Tesis Magister Arsitektur)
63220036_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia adalah negara dengan tingkat kerawanan tinggi terhadap bencana, secara khusus bencana alam. Tingginya frekuensi dan intensitas bencana ini menuntut adanya upaya yang serius dalam pengelolaan risiko dan kesiapsiagaan masyarakat, termasuk di lingkungan pendidikan. SD Kanisius Demangan Baru 1, yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, adalah salah satu sekolah yang berada di wilayah yang memiliki risiko bencana alam. Dalam studi ini, pendidikan dasar memiliki peran penting dalam mengenalkan potensi bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengenalkan potensi bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan siswa adalah prototipe virtual tour jalur evakuasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prototipe virtual tour jalur evakuasi sekolah terhadap student experience di SD Kanisius Demangan Baru 1 dalam pendidikan kesiapsiagaan bencana. Metode penelitian yang dilibatkan adalah Research and Development (R&D) dengan model Prototyping Design Thinking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan prototipe virtual tour berhasil meningkatkan pemahaman spasial siswa sehingga mereka lebih mampu mengenali jalur evakuasi sekolah. Terdapat hubungan signifikan antara pengunaan prototipe virtual tour, peningkatan kemampuan spasial siswa dan kesiapsiagaan siswa dalam menemukan jalur evakuasi sekolah. Dengan meningkatkan pengalaman siswa secara khusus dalam hal kemampuan spasial saat mempelajari jalur evakuasi menggunakan prototipe virtual tour, kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana di sekolah dapat ditingkatkan, sehingga mampu meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Item Type: Student paper (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: virtual tour, student experience, kesiapsiagaan bencana sekolah dasar, jalur evakuasi sekolah.
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
N Seni Rupa > NA Arsitektur
N Seni Rupa > NC Ilustrasi Desain gambar
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Magister Arsitektur
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:06
Last Modified: 25 Sep 2024 04:06
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item