PENGEMBANGAN PERMAINAN DIGITAL EDUKATIF BERBASIS AUGMENTED REALITY

Matahari Bhakti Nendya and Budi Susanto and Gabriel Indra Widi Tamtama (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN DIGITAL EDUKATIF BERBASIS AUGMENTED REALITY. Research Report (Lecturer). Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian Dosen)
291_PENDAHULUAN_KESMPULAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text (Laporan Penelitian Dosen)
291_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan permainan digital dalam beberapa tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan ini mengakibatkan banyaknya sorotan mengenai permainan digital dari berbagai macam pihak. Satu pihak melihat permainan digital dari sisi positif dan yang lain melihat permainan digital dari sisi negatif. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melarang beberapa permainan digital terkenal untuk dimainkan di Indonesia karena mengandung konten yang tidak sesuai untuk anak. Keadaan ini juga semakin diperparah dengan kurang variatifnya produk permainan digital yang ada dipasaran. Kurangnya tipe permainan digital dengan model edukasi ini menjadi salah satu alasan banyaknya pengguna permainan digital untuk mengakses permainan digital dengan tema lain. Permainan digital dengan tema aksi menjadi lebih banyak pemainnya, sehingga para pengembang permainan digital tentunya lebih memilih untuk mengembangkan permainan digital dengan tema aksi daripada mengembangkan permainan digital dengan tema edukasi. Pengembangan permainan digital dengan tema edukasi masih berkutat dengan model pembelajaran yang dibentuk dalam mode digital seperti multimedia interaktif dengan model instruksional. Bentuk instruksional ini kurang memberikan sisi imersif pada pemain. Pengembangan aplikasi permainan berbasis augmented reality yang akan dikembangkan melalui model penelitian ini diharapkan dapat memberikan model edukasi alternatif mengenai pendidikan karakter khususnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Penggunaan augmented reality diharapkan dapat meningkatkan aspek imersif sehingga pemain secara langsung akan mendapatkan pengalaman bermain secara langsung dengan model partisipasi peran

Item Type: Project Report (Research Report (Lecturer))
Uncontrolled Keywords: permainan digital, edukasi, augmented reality, pendidikan karakter, kebersihan lingkungan
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:47
Last Modified: 15 Aug 2024 03:47
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8779

Actions (login required)

View Item View Item