Danny Sebastian and Kristian Adi Nugraha (2022) APLIKASI CHATBOT BERBASIS MOBILE UNTUK LAYANAN KONSUMEN. Research Report (Lecturer). Program Studi Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished)
Text (Laporan Penelitian Dosen)
253_PENDAHULUAN_KESIMPULAN.pdf Download (432kB) |
|
Text (Laporan Penelitian Dosen)
253_FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (777kB) | Request a copy |
Abstract
Chatting merupakan cara komunikasi yang lebih banyak digunakan dibandingkan dengan sambungan telepon. Saat ini perusahaan dituntut memberikan layanan customer service melalui aplikasi chatting. Akan tetapi komunikasi menggunakan chatting berbeda dengan sambungan telepon, dimana komunikasi chatting dapat dilakukan secara bersamaan ke beberapa orang. Hal ini membuat layanan customer service perlu menambah sumber daya manusia untuk melayani banyaknya konsumen secara bersamaan. Chatbot merupakan teknologi yang memungkinkan adanya komunikasi antara system dengan manusia. Pada penelitian ini, penulis hendak menggunakan metode BERT pada sebuah chatbot untuk meningkatkan akurasi dari penelitian sebelumnya. dengan adanya aplikasi chatbot dapat mengurangi beban customer service oleh mitra. Mitra yang dipilih adalah bengkel sepeda motor, karena terdapat banyak pertanyaan pada proses pelayanan perbaikan sepeda motor
Item Type: | Project Report (Research Report (Lecturer)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | chatbot, natural language processing, BERT, IndoBERT |
Subjects: | Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:07 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 04:07 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8760 |
Actions (login required)
View Item |