PENGUATAN IDENTITAS LOKAL MELALUI WARUNG KULINER PADA RUTE WISATA SEPEDA ROMANSA KOTA LAWAS DI KOTA YOGYAKARTA

Wiyatiningsih and Kristian Oentoro (2022) PENGUATAN IDENTITAS LOKAL MELALUI WARUNG KULINER PADA RUTE WISATA SEPEDA ROMANSA KOTA LAWAS DI KOTA YOGYAKARTA. Research Report (Lecturer). Magister Arsitektur, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian Dosen)
273_PENDAHULUAN_KESIMPULAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Penelitian Dosen)
273_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran warung kuliner dalam penguatan identitas lokal pada rute wisata sepeda Romansa Kota Lawas di Kota Yogyakarta. Tren wisata sepeda selama masa pandemi Covid-19 mendorong tumbuhnya gaya hidup masyarakat urban untuk berolahraga sekaligus berekreasi. Beragam aktivitas rekreasi dilakukan oleh wisatawan pesepeda, seperti menyaksikan atraksi budaya dan menikmati sajian kuliner tradisional pada area perhentian (pitstop). Dengan demikian, keberadaan warung kuliner di rute wisata sepeda penting untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan pesepeda. Warung kuliner pada rute wisata sepeda tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk makan, namun juga menjadi bagian dari atraksi wisata melalui sajian makanan tradisional yang unik serta karakteristik asitektural warung kuliner tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menemukan karakteristik arsitektural dan makna kultural warung kuliner yang dapat memperkuat identitas lokal dan branding rute wisata sepeda Romansa Kota Lawas di Kota Yogyakarta. Rute Romansa Kota Lawas merupakan salah satu dari lima jalur wisata sepeda yang dikembangkan di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian tersebut dapat dipergunakan untuk merumuskan rekomendasi atau design guidelines untuk pengembangan warung kuliner yang mencerminkan identitas lokal dan memperkuat branding kampung wisata yang dilalui oleh rute wisata sepeda Romansa Kota Lawas. Penguatan identitas lokal dan branding tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dan menjaga keberlanjutan wisata sepeda di Kota Yogyakarta pada umumnya

Item Type: Project Report (Research Report (Lecturer))
Uncontrolled Keywords: branding, identitas lokal, karakteristik arsitektural, wisata sepeda, warung kuliner.
Subjects: N Seni Rupa > Arsitektur
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Magister Arsitektur
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:50
Last Modified: 12 Aug 2024 03:50
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8757

Actions (login required)

View Item View Item