STUDI PERILAKU PEDAGANG PASAR DALAM BERINTERAKSI DENGAN STAKEHODER; AGAMA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Robert Setio and Wahju Satria Wibowo (2019) STUDI PERILAKU PEDAGANG PASAR DALAM BERINTERAKSI DENGAN STAKEHODER; AGAMA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Research Report (Lecturer). Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian Dosen)
994E259_PENDAHULUAN_KESIMPULAN_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (660kB)
[img] Text (Laporan Penelitian Dosen)
994E259_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pasar tradisional merupakan tempat untuk berinteraksi antar pelaku ekonomi dengan tujuan yang berbeda. Namun demikian di pasar kepentingan yang berbeda masing-masing elemen tersebut mendapatkan titik temu sebagai solusi. Elemen-elemen pelaku dipasar tradisional adalah: pedagang baik kategori eceran maupun grosir, pembeli, dan otoritas regulator sebagai wakil dari pemerintah. Para pedagang dalam melakukan relasi dengan pembeli dalam wujud transaksi ekonomi. Namun demikian, bentuk pasar tradisional rata-rata di Indonesia adalah pasar persaingan sempurna sehingga para pedagang memerlukan strategi tertentu untuk selalu mendapatkan pembeli secara regular. Strategi yang diterapkan oleh pedagang adalah memberikan diskriminasi harga terhadap pembeli dengan kualifikasi tertentu sesuai preferensinya. Dengan meningkatnya ketegangan hubungan antar pemeluk agama yang berbeda menjadi penting untuk diteliti dampaknya pada perilaku sehari-hari. Salah satu perilaku sehari-hari adalah perilaku perdagangan di pasar-pasar tradisional. Tulisan ini merupakan hasil penelitian terhadap interaksi antara pedagang, pembeli dan pensuplai barang di 4 pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan penyebaran pertanyaan kuesioner kepada 150 responden dan wawancara terfokus pada beberapa responden pilihan. Hasil penelitian memperlihatkan tidak signifikannya pengaruh perbedaan agama bagi perilaku para pedagang di pasar-pasar yang diteliti. Artinya, jika sikap preferensi terhadap pemeluk agama yang sama terjadi di beberapa lini kehidupan sosial, hal tersebut nyaris tidak terjadi dalam lini ekonomi.

Item Type: Project Report (Research Report (Lecturer))
Uncontrolled Keywords: perilaku, hubungan antar agama, ekonomi, mediasi
Subjects: B Filsafat. Psikologi. Agama > BL Agama
H Ilmu Sosial > HM Sosiologi
Depositing User: Jessica Dipta Novyana, A.Md
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:31
Last Modified: 02 Aug 2024 03:31
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item