HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DOKTER GIGI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI POLI GIGI DAN MULUT PUSKESMAS SANDEN

Helmi Aryosyaputra (2023) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DOKTER GIGI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI POLI GIGI DAN MULUT PUSKESMAS SANDEN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41190372_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41190372_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan yang baik membuat kepuasan pasien semakin tinggi. Pelayanan kesehatan di Poli Gigi dan Mulut Puskesmas Sanden yang paling banyak ditangani adalah abses gigi karena infeksi, cabut gigi anak dan gigi dewasa. Perawatan gigi seperti pencabutan dan abses gigi seharusnya dilakukan minimal dua kali kunjungan oleh pasien, namun beberapa pasien tidak melakukan kunjungan kedua atau kontrol, sehingga perlu dilakukan penelitian terhadap hubungan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di di Poli Gigi dan Mulut Puskesmas Sanden. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Poli Gigi dan Mulut Puskesmas Sanden pada masa pandemi Covid-19. Metode: Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasional. Populasi adalah seluruh pasien di Poli Gigi dan Mulut Puskesmas Sanden. Jumlah sampel sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kualitas pelayanan dan kuesioner tingkat kepuasan pasien. Teknik analisis data menggunakan uji Pearson. Hasil: Gambaran kualitas pelayanan dibuktikan dengan mayoritas jawaban responden pada dimensi tangible sangat rendah 27%, responsiveness sangat baik 47,5%, assurance sangat baik 49%, emphaty baik 48%. Gambaran kepuasan pasien dibuktikan dengan mayoritas jawaban responden pada dimensi general satisfaction puas 47,5%, technical quality puas 47,5%, interpersonal manner puas 47,5%, communication puas 40%, financial aspect puas 46,2%, time spent with doctor puas 52,5%, accesibility convenence netral atau ragu-ragu 38,75%. Terdapat hubungan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Poli Gigi dan Mulut Puskesmas Sanden pada masa pandemi Covid-19 dengan signifikansi uji korelasi 0,000 (p < 0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Poli Gigi dan Mulut Puskesmas Sanden pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Gigi
Subjects: R Kedokteran. Medis > Aspek Umum Kedokteran > Kesehatan Publik. Kebersihan. Kedokteran Pencegahan
R Kedokteran. Medis > Kedokteran Gigi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: Yoan Fenie Christina Khouw
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:03
Last Modified: 26 Jun 2024 03:03
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8615

Actions (login required)

View Item View Item