REDESAIN FASILITAS PENUNJANG KEPARIWISATAAN DIKAWASAN PARIWISATA TAMAN NASIONAL KOMODO PULAU KOMODO, KECAMATAN KOMODO, KABUPATEN MANGGARAI BARAT

Bobi Dwi Darmawan (2019) REDESAIN FASILITAS PENUNJANG KEPARIWISATAAN DIKAWASAN PARIWISATA TAMAN NASIONAL KOMODO PULAU KOMODO, KECAMATAN KOMODO, KABUPATEN MANGGARAI BARAT. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61130038_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (8MB)
[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61130038_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82MB) | Request a copy

Abstract

Boarding School SOLS 24/7 merupakan sekolah non formal yang sangat diminati oleh masyarakat Timor-leste, khususnya kaum muda. Boarding school SOLS 24/7 berasal dari Kamboja dan didirikan di Timor-Leste pada tahun 2006 yang sampai sekarang telah memiliki cabang di setiap Kabupaten yang ada di Timor-Leste. Peningkatan jumlah siswa yang semakin banyak memerlukan perancangan ulang sehingga boarding school SOLS 24/7 bisa mengakomodasi kegiatan siswa dan meningkatkan pendidikan non formal dengan pendekatan affordable architecture design yang sesuai kondisi iklim. Setelah memahami permasalahan yang di hadapi yaitu peningkatan siswa yang semakin bertambah, kondisi sarana prasarana kurang, masalah sirkulasi akses mengganggu aktivitas belajar mengajar dan adanya kurang tepat tata ruang, maka diperlukan perancangan sarana prasarana yang lebih baik. Desain ini meliputi gedung dan lansekap untuk mengakodasi kegiatan siswa menyediakan sarana prasarana sesuai dengan standar yang ada, menata ulang kembali demi kenyaman pengguna, akses sirkulasi diperbaiki agar mudah di akses tanpa mengganggu aktivitas belajar mengajar. Pendekatan desain yang diterapkan adalah affordable architerture design menggunakan material recycle (bekas botol plastik, botol kaca dan bekas beer kaleng) dikombinasikan dengan material lokal. Material yang dipilih dan digunakan tidak hanya memperhatikan aspek biaya tetapi juga diharapkan bisa mengedukasi siswa dan pengunjung untuk mengetahui desain bangunan ramah lingkungan berbahan daur ulang dan estetika yang unik dari material alternatif tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Boarding School, affordable architecture desing.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Arsitektur
Depositing User: Ms Claresta Erlinda
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:20
Last Modified: 26 Jul 2022 02:20
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item