PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN FEAR OF MISSING OUT SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Grey Julian Hae Doko (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN FEAR OF MISSING OUT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12180297_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12180297_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara Social Media Influencer (SMI) dan minat investasi, dengan mempertimbangkan potensi Fear of Missing Out (FoMO) pada generasi Z dan milenial. Melibatkan 243 responden di Kota Yogyakarta, Kota Kupang, dan Kota Pontianak, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasilnya menunjukkan hubungan positif signifikan antara SMI dan minat investasi (path coefficient 0,164, p-value 0,020). FoMO memiliki efek moderasi negatif pada hubungan tersebut (path coefficient -0,122, p-value 0,044), menunjukkan bahwa FoMO dapat mengurangi dampak positif SMI terhadap minat investasi.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing, Minat Investasi, Perbandingan Sosial, Social Media Influencer
Subjects: H Ilmu Sosial > Perdagangan
H Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
H Ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Yoan Fenie Christina Khouw
Date Deposited: 16 May 2024 02:43
Last Modified: 11 Jun 2024 06:04
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8191

Actions (login required)

View Item View Item