PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI HARGA, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PENGGUNA JASA GO-FOOD DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

David Darlon Batkyes (2023) PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI HARGA, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PENGGUNA JASA GO-FOOD DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11150132_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11150132_bab2 sd bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari promosi, persepsi harga, dan persepsi kemudahan penggunaan aplikasi terhadap keputusan pembelian konsumen pengguna jasa Go-Food di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, terdapat variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu promosi, persepsi harga, dan persepsi kemudahan penggunaan aplikasi. Sedangkan untuk variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna aplikasi belanja online di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penentuan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode non probality sampling, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu konsumen yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta yang pernah menggunakan dan melakukan pembelian online melalui fitur aplikasi Go-Food dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir. Sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 100 (seratus) responden. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) yang menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu promosi, persepsi harga, dan persepsi kemudahan penggunaan sebesar 56,5% terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian sedangkan sisanya sebanyak 43,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Melalui uji regresi linear berganda, dapat disimpulkan bahwa, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pengguna jasa Go-Food di Daerah Istimewa Yogyakarta secara parsial, dengan demikian, hipotesis penelitian ini ditolak. Variabel persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pengguna jasa Go-Food di Daerah Istimewa Yogyakarta secara parsial, dengan demikian hipotesis penelitian ini diterima. Variabel persepsi kemudahan penggunaan aplikasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pengguna jasa Go-Food di Daerah Istimewa Yogyakarta secara parsial, dengan demikian hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi, Persepsi Harga, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Keputusan Pembelian
Subjects: H Ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
H Ilmu Sosial > Perdagangan
H Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Jessica Dipta Novyana, A.Md
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:19
Last Modified: 16 Feb 2024 04:19
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item View Item