PENGARUH DEWAN INDEPENDEN TERHADAP BIAYA HUTANG DENGAN VARIABEL KONTROL : LEVERAGE, KINERJA DAN UKURAN PERUSAHAAN

11140095, NATHAZA GAYATRY WOEN (2018) PENGARUH DEWAN INDEPENDEN TERHADAP BIAYA HUTANG DENGAN VARIABEL KONTROL : LEVERAGE, KINERJA DAN UKURAN PERUSAHAAN. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (skripsi manajemen)
11140095_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (458kB)
[img] Text (skripsi manajemen)
11140095_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)

Abstract

Setiap perusahaan akan melakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Dalam meningkatkan kesejahteraan bersama terkadang perusahaan mengalami risiko yang berdampak pada kinerja perusahaan. Risiko tersebut dapat diminalisir dengan penerapan tata kelola yang baik pada perusahaan. Pentingnya penerapan tata kelola yang baik dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kepercayaan kreditur , selain itu tata kelola yang baik dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan sumber dana dalam membantu modal perusahaan. Modal perusahaan sangat penting untuk biaya operasional dan expansi perusahaan. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah menguji penagruh dewan independen terhadap biaya hutang (COD) . Pengujian hipotesis dilakukan dengan variabel kontrol : leverage, kinerja perusahan (ROA) dan ukuran perusahaan (size). Metode pengumpulan data purposivesampling, terdapat 200 data dari 40 perusahaan yang menerbitkan obligasi dari tahun 2011-2015. Berdasarkan kriteria tersebut terdapat hipotesis dewan independen berpengaruh negatif terhadap biaya hutang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa dewan independen tidak berpengaruh (α= 0.108) terhadap biaya hutang. Variabel kontrol leverage (α= 0.001) dan size (α= 0.017) berpengaruh terhadap biaya hutang , leverage membuat proporsi dewan independen (α= 0.023) menjadi berpengaruh negatif terhadap biaya hutang dan size membuat proporsi dewan independen (α= 0.047) menjadi berpengaruh negatif terhadap biaya hutang. Kinerja perusahaan tidak terbukti sebagai variabel kontrol tetapi sebagai variabel independen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: biaya hutang (COD), proporsi dewan komisaris independen, leverage, kinerja perusahaan (ROA) , ukuran perusahaan (size) , good corporate governance
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: ms Melania Putri - Keluar
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:39
Last Modified: 24 Jul 2020 03:39
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item