THE USE OF REWARDS ON STUDENT'S ENGAGEMENT IN ENGLISH CLASSES: A STUDY OF INDONESIAN HIGH SCHOOL STUDENTS

Siaga Adi Satoto (2023) THE USE OF REWARDS ON STUDENT'S ENGAGEMENT IN ENGLISH CLASSES: A STUDY OF INDONESIAN HIGH SCHOOL STUDENTS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180048_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180048_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penghargaan dan keterlibatan siswa jarang diteliti secara bersamaan pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan penghargaan di dalam kelas di sekolah menengah atas di Indonesia, pengaruh penghargaan terhadap keterlibatan siswa dari sudut pandang siswa sekolah menengah atas di Indonesia, dan persepsi umum mereka tentang penghargaan. Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi dan wawancara untuk meneliti bagaimana siswa menerima penghargaan dan persepsi mereka tentangnya. Siswa sekolah menengah atas (SMA) dari empat kelas di salah satu SMA swasta di Indonesia mengikuti penelitian ini. Ada dua guru dan masing-masing mengajar di dua kelas. Dari semua siswa SMA yang diamati, empat siswa dipilih untuk diwawancarai karena mereka menerima lebih dari satu tipe penghargaan. Hasil observasi dari salah satu guru menunjukkan bahwa tiga jenis penghargaan disajikan di ruang kelas yang diobservasi dan respons siswa terhadap penghargaan itu beragam seperti tersenyum, merasa enggan, dan tidak ada reaksi. Dari wawancara juga muncul beberapa tema, seperti, 1) pujian verbal membuat siswa merasa bangga dan senang, 2) siswa akan lebih memperhatikan setelah dipuji, 3) pujian tidak meningkatkan partisipasi aktif siswa di kelas, 4) siswa lebih menyukai jenis penghargaan sosial karena mereka merasa dipercaya oleh guru, 5) penghargaan dapat merangsang lingkungan kelas yang kompetitif, dan 6) semakin siswa dihargai, kelas cenderung semakin menyenangkan. Temuan utama dari penelitian ini adalah guru dapat mempertimbangkan pujian sebagai alat untuk melibatkan siswa di kelas karena hal itu membuat mereka merasa bangga, merasa senang, dan lebih memperhatikan. Namun, karena pujian tidak dapat membuat siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran seperti, melakukan belajar mandiri atau diskusi kelompok, peneliti lain dapat mengeksplorasi faktor guru lainnya yang berpotensi mempengaruhi partisipasi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: rewards, engagement, EFL, student’s viewpoint
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah. Sekolah Menengah
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:34
Last Modified: 22 Aug 2023 04:34
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7762

Actions (login required)

View Item View Item