THE USE OF SOCIAL LEARNING STRATEGY BY INDONESIAN NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS IN GENERAL ENGLISH CLASS

Erison Saoloan Rajagukguk (2023) THE USE OF SOCIAL LEARNING STRATEGY BY INDONESIAN NON-ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS IN GENERAL ENGLISH CLASS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180033_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180033_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh mahasiswa menggunakan strategy belajar sosial di kelas dan untuk menemukan faktor yang mengkin mempengaruhi penggunaan strategy belajar sosial mahasiswa. Penelitian ini dilakukan karena dalam pembelajaran bahasa Inggris, mahasiswa non-Bahasa Inggris mungkin menghadapi kesulitan dan mereka dapat menggunakan strategi belajar sosial dengan belajar bersama mahasiswa lain. Penelitian ini menggunakan metode riset campur sari dan melibatkan 125 siswa General English dari salah satu universitas swasta di Indonesia. Enam siswa diundang untuk wawancara. Kuesioner disebar melalui WhatsApp Groups. Berdasarkan temuan tersebut, strategi belajar sosial digunakan oleh siswa untuk belajar bahasa Inggris. Selanjutnya, hasil wawancara dianalisis menggunakan analisis tematik dan ditemukan tiga tema. Pertama, kuis dan instruksi guru untuk menonton video mendorong siswa untuk bertanya dan melakukan diskusi yang relevan. Kedua, kesulitan teknis selama pembelajaran online mendorong siswa untuk bertanya kepada guru dan teman-temannya. Ketiga, kosakata yang tidak familiar dan kesulitan dalam melafalkan kata-kata tertentu mendorong siswa untuk bertanya kepada temannya. Penelitian ini menyarankan agar guru dapat memberikan kegiatan yang memungkinkan siswa untuk berlatih bahasa Inggris mereka dengan teman-teman mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Social learning strategy, mixed methods, General English
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah. Sekolah Menengah
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:11
Last Modified: 22 Aug 2023 04:11
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7760

Actions (login required)

View Item View Item