EVALUATING EFL TEXTBOOKS FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN INDONESIA: A CORPUS-INFORMED AND LEXILE-BASED MODEL

Diana Omega Santi (2023) EVALUATING EFL TEXTBOOKS FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN INDONESIA: A CORPUS-INFORMED AND LEXILE-BASED MODEL. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170015_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (987kB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170015_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesulitan teks dan profil kosakata yang terdapat pada serangkaian buku Bahasa Inggris untuk sekolah menengah atas dan kejuruan di Indonesia. Selain itu, studi ini juga menganalisis bagaimana tingkat kesulitan teks dan profil kosakata di buku-buku tersebut sesuai dengan tingkat kecakapan Bahasa Inggris yang ditargetkan kepada lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK). Studi evaluasi buku ini sepatutnya dilakukan karena rangkaian buku tersebut diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan ditujukan untuk digunakan secara nasional oleh guru Bahasa Inggris SMK di Indonesia. Sebuah model corpus-informed dan Lexile-based digunakan sebagai desain penelitian ini. Tiga instrumen digunakan untuk menganalisis data studi ini secara kuantitatif yaitu Lexile Text Analyzer® Professional, LancsBox, dan English Vocabulary Profile di Text Inspector. Studi ini menemukan bahwa kompleksitas teks bacaan di buku ajar kelas 10 dan 12 secara keseluruhan agak lebih sulit dibanding tingkat kecakapan yang ditargetkan kepada lulusan SMK. Sementara, secara keseluruhan kompleksitas teks bacaan di buku ajar kelas 11 sedikit lebih mudah. Meski demikian, dalam hal profil kosakata, ketiga buku tersebut tampaknya mengindikasikan adanya penekanan pada target kosakata di level kecakapan (B1) sesuai yang diharapan oleh Direktorat Pembinaan SMK. Selain temuan tersebut, penting untuk diakui bahwa guru juga perlu mempertimbangkan faktor lain di luar cakupan studi iniseperti level kemampuan siswa, minat siswa, dan aspek kualitatif lain dari buku-buku tersebutdalam menentukan apakah buku-buku tersebut sesuai untuk dipakai di kelas mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: textbook evaluation, English for vocational high school, text difficulty, Lexile framework for reading, English vocabulary profile
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan > LB1603 Pendidikan Menengah. Sekolah Menengah
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:22
Last Modified: 22 Aug 2023 04:00
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7758

Actions (login required)

View Item View Item