Kristofan Feriadi (2023) ARSITEKTUR INFORMASI UNTUK APLIKASI MOBILE PORTAL BUDAYA INDONESIA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Informatika)
71180291_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text (Skripsi Informatika)
71180291_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Informasi mengenai kebudayaan Indonesia saat ini sangatlah banyak, mengingat betapa kayanya kebudayaan di Indonesia ini. Tantangan dalam mengorganisir informasi tentang kebudayaan Indonesia adalah menyajikan informasi yang sangat banyak namun tetap dengan mudah ditemukan oleh pengguna. Saat ini masyarakat di Indonesia sudah banyak yang menggunakan smartphone, dan dengan banyaknya pengguna smartphone maka portal budaya Indonesia akan dikembangkan dalam bentuk aplikasi mobile. Portal budaya Indonesia memiliki banyak informasi mengenai budaya Indonesia, seperti kategori-kategori objek budaya, sub kategori, detail objek budaya, dan kumpulan artikel. Dengan banyaknya informasi tersebut maka masalah yang terjadi adalah masalah navigasi dalam aplikasi. Selain masalah navigasi, tantangan dalam menyajikan informasi tentang kebudayaan Indonesia adalah bagian memahami informasi apa yang dibutuhkan oleh pengguna ketika mencari informasi tentang objek budaya. Aplikasi portal budaya Indonesia akan berbasis mobile, sehingga salah satu bagian penting dalam aplikasi smartphone adalah desain antarmuka yang dapat menyajikan informasi kepada penggunanya dengan mudah. Dibutuhkan arsitektur informasi dan desain antarmuka yang baik untuk aplikasi Portal Budaya Indonesia agar pengguna dapat mencari dan menemukan informasi tentang objek budaya Indonesia dengan mudah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dalam skripsi ini dibangun arsitektur informasi untuk aplikasi Portal Budaya Indoensia yang berdasar pada hasil survei dan kuesioner yang diberikan kepada calon pengguna. Arsitektur informasi yang sudah dibuat akan dikombinasikan dengan design pattern, sehingga tercipta desain antarmuka aplikasi. Desain antarmuka aplikasi Portal Budaya Indonesia diujikan kepada responden untuk mengetahui nilai SUS, efektivitas, dan efisiensi dari desain antarmuka yang sudah dibangun. Dalam pengujian ini diambil data success rate, time on task, dan nilai SUS. Desain antarmuka juga diujikan dengan pakar dengan metode heuristic evaluation. Hasil pengujian menunjukan bahwa desain antarmuka aplikasi Portal Budaya Indonesia berhasil membantu pengguna dalam mencari dan menemukan informasi objek budaya Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian yang menunjukan bahwa nilai SUS, efektivitas, dan efisiensi yang di atas rata-rata.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Portal Budaya Indonesia, Arsitektur Informasi, antarmuka, design pattern |
Subjects: | T Teknologi > Teknologi (Umum) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 07:41 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:41 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7728 |
Actions (login required)
View Item |