HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PICKY EATER PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI DESA WATUGAJAH GUNUNGKIDUL

41130063, ADELIA NOVIA SANI (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU PICKY EATER PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI DESA WATUGAJAH GUNUNGKIDUL. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41130063_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (462kB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41130063_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Pengetahuan gizi memiliki peran penting dalam pemenuhan asupan gizi untuk anak. Pengetahuan gizi yang kurang dapat menyebabkan asupan gizi kurang dan menyebabkan anak menjadi picky eater. Picky eater merupakan perilaku anak yang mengonsumsi variasi makanan yang terbatas dan menolak sejumlah makanan tertentu, baik makanan baru maupun makanan yang telah dikenal atau menolak tekstur makanan tertentu. Picky eater yang berkepanjangan dapat menyebabkan status gizi anak menjadi kurang. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan gizi orang tua dengan perilaku picky eater pada anak usia 1-3 tahun di desa Watugajah, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Metode: Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah responden yaitu 78 orang tua yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berjumlah 25 pernyataan. Analisis yang dipakai menggunakan Chi-square. Hasil: Analisis data menggunakan chi-square didapatkan hasil hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan gizi orang tua terhadap perilaku picky eater pada anak usia 1-3 tahun di Desa Watugajah Kecamatan Gedangsari, dengan nilai pvalue = 0,033 bahwa p < 0,05 yang menyatakan hipotesis diterima. Kesimpulan: Terdapat hubungan tingkat pengetahuan gizi orang tua terhadap perilaku picky eater pada anak usia 1-3 tahun di Desa Watugajah Kecamatan Gedangsari. Pengetahuan gizi orang tua sebagai dasar dalam pemenuhan gizi untuk anak. Pengetahuan gizi yang baik dapat mengurangi risiko perilaku picky eater pada anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan gizi orang tua, picky eater
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: Mr Yoshua Dwi Oktavianus Putra
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:43
Last Modified: 27 Oct 2020 03:43
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item