PERBANDINGAN NILAI UJIAN BLOK DARING DAN LURING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA

41170159, Claudius Pasco Yudhitama S.M. (2022) PERBANDINGAN NILAI UJIAN BLOK DARING DAN LURING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41170159_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41170159_bab2 sd bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pada Desember 2019, dunia dihadapkan pada penyebaran virus yang menyebabkan penyakit pada pernapasan yang menyebar dari manusia ke manusia yaitu Virus Corona berasal dari kota Wuhan, China. Perkembangan wabah COVID-19 yang semakin cepat menimbulkan tantangan dan kecemasan bagi seluruh masyarakat terutama mahasiswa pendidikan kedokteran. Akibatnya, muncul metode pembelajaran baru yang dihimbau oleh pemerintah yaitu metode pembelajaran daring. Dengan adanya perbedaan sistem pembelajaran daring dan luring menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam cara belajar. Beberapa mahasiswa akan mengalami kesulitan dan harus beradaptasi dengan sistem belajar yang baru, sehingga menimbulkan kekhawatiran mahasiswa terhadap hasil belajar. Tujuan: Untuk mengetahui perbandingan nilai ujian blok daring dan luring pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Data penelitian ini didapat melalui Biro Administrasi Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Independent sample t test. Hasil: Sampel pada penelitian ini melibatkan 192 orang terdiri dari 94 orang mahasiswa angkatan 2017 yang menjalani perkuliahan secara luring dan 98 orang mahasiswa angkatan 2018 yang menjalani perkuliahan secara daring. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan Independent sampel t test, diketahui bahwa terjadi peningkatan nilai yang signifikan pada pembelajaran online pada blok-blok yang diteliti dalam penelitian ini (dengan selisih 11.304 pada blok Gangguan gerak dan tumbuh kembang anak, 14.726 pada blok gastrointestinal, dan 18.122 pada blok Hematoimunologi). Kesimpulan: Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana yang menjalani pembelajaran daring memiliki rerata nilai ujian blok yang secara signifikan lebih meningkat daripada mahasiswa yang menjalani pembelajaran luring.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Virus Corona, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Nilai Ujian Blok
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan Praktik Pendidikan
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: Jessica Dipta Novyana, A.Md
Date Deposited: 14 Mar 2023 03:24
Last Modified: 14 Mar 2023 03:24
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7473

Actions (login required)

View Item View Item