PERANCANGAN APLIKASI BANTU INTERAKTIVITAS BELAJAR-MENGAJAR DALAM KELAS MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN

Andy Karjo Tjong (2022) PERANCANGAN APLIKASI BANTU INTERAKTIVITAS BELAJAR-MENGAJAR DALAM KELAS MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71150155_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71150155_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar-mengajar menjadi salah satu rutinitas di sekolah dan universitas. Proses ini melibatkan interaksi antara pengajar dengan siswa. Media yang digunakan untuk menyampaikan materi juga memengaruhi hasil dari proses belajar-mengajar yang lebih baik. Proses belajar-mengajar tidak semua berjalan dengan baik dikarenakan dari pihak mahasiswa susah untuk memahami mata kuliah dan malu untuk meminta dosen mengulang materi yang tidak dipahami oleh mahasiswa. Dosen sebelum mengakhiri mata kuliah juga menanyakan kepada mahasiswa menerima materi dengan jelas dan paham namun hanya sebagian mahasiswa yang bersuara. Dalam kasus ini membutuhkan aplikasi belajar-mengajar dalam kelas yang mudah digunakan. Perancangan aplikasi diperlukan sebuah metode bernama UCD (User Centered Design) guna mengidentifikasi user dan mengetahui kebutuhan pengguna. Penelitian ini pengguna yang membantu perancangan aplikasi adalah salah satu dosen dari Fakultas Teknologi Informasi UKDW Yogyakarta dikarenakan dosen mengerti kebutuhan dan karakteristik dari mahasiswa dalam kelas. Pengujian aplikasi dilakukan di kelas yang telah memberikan izin untuk uji coba aplikasi di dalam kelas dengan kapasitas mahasiswa 10-20 mahasiswa. Aplikasi bantu belajar-mengajar yang telah dibangun dapat mudah digunakan oleh mahasiswa dibuktikan dengan pada iterasi pertama sekitar 74% sampai 86% dan iterasi kedua sekitar 63% sampai 75% mahasiswa berhasil mengerjakan task yang telah dibuat. Aplikasi bantu belajar-mengajar juga mendapatkan rata-rata skor SUS di iterasi pertama sebesar 72,00 dan iterasi kedua sebesar 74,00, jika di persentase menjadi 72%-90% bernilai huruf B yang berarti aplikasi dapat diterima oleh mahasiswa dan hasil analisis anova single factor keaktifan mahasiswa memiliki perbedaan signifikan menggunakan aplikasi.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Android, User Centered Design
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 21 Feb 2023 04:25
Last Modified: 21 Feb 2023 04:25
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7410

Actions (login required)

View Item View Item