ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG PANTAI SUWUK KEBUMEN DITINJAU DARI ATRIBUT PRODUK WISATA 4A (ATTRACTION, ACCESABILITY, AMENITIES, ANCILARY)

11140006, YUDHIT ANINDITA YUWONO (2018) ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG PANTAI SUWUK KEBUMEN DITINJAU DARI ATRIBUT PRODUK WISATA 4A (ATTRACTION, ACCESABILITY, AMENITIES, ANCILARY). Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11140006_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (544kB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11140006_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimanakah persepsi pengunjung terhadap kinerja pengelolaan atribut – atribut wisata (attraction, accesability, amenities dan ancillary) pantai Suwuk ditinjau dari pernyataan pengunjung akan tingkat kepentingan dan persepsi atas kinerja dari atribut wisata tersebut. Responden pada penelitian ini berjumlah 100 yang merupakan masyarakat yang berkunjung ke Pantai Suwuk. Penelitian ini dianalisis dengan Importance – Performance Analysis (IPA) dan Diagram Cartesius. Hasil penelitian ini adalah atribut wisata yang memiliki tingkat kepentingan tinggi akan tetapi kinerjanya masih rendah (Kuadran I) di Pantai Suwuk yaitu atribut Daya Tarik (Attraction) antara lain wahana permainan di Pantai Suwuk dan keramah tamahan warga lokal/petugas. Oleh karena itu, item – item atribut tersebut perlu memperoleh prioritas tinggi untuk dikembangkan oleh pihak pengelola Pantai Suwuk. Sementara yang berada pada posisi Kuadran II, yaitu atribut wisata yang memiliki tingkat kepentingan tinggi dan tingkat kinerjanya juga tinggi, yaitu atribut Fasilitas (Amenities) antara lain koneksi sinyal telekomunikasi dan internet yang baik. Sehingga atribut-atribut tersebut perlu dipertahankan kinerjanya oleh pengelola Pantai Suwuk. Kemudian untuk Kuadran III yaitu posisi tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut atribut yang berada di kuadran tersebut rendah adalah atribut Kelembagaan (Ancillary). Sedangkan, untuk (Kuadran IV) atau atribut yang memiliki tingkat kepentingan rendah tetapi tingkat kinerjanya tinggi tidak terdapat atribut yang berada pada kuadran ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Attraction, Accesability, Amenities, Ancillary, Kepuasan Pengunjung, Importance – Performance Analysis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: ms Melania Putri
Date Deposited: 24 Jul 2020 02:39
Last Modified: 24 Jul 2020 02:39
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item