Reni Andriani (2022) PRE-SERVICE TEACHERS' TEACHING ANXIETY IN TEACHING ENGLISH FOR OCCUPATIONAL PURPOSES (EOP) CLASSES. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180032_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180032_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kecemasan guru bahasa Inggris prajabatan dalam mengajar bahasa Inggris untuk kelas Tujuan Pekerjaan (EOP) dan untuk mengeksplorasi faktor utama kecemasan mengajar dalam mengajar bahasa Inggris untuk Kelas EOP. Partisipan dalam studi ini adalah enam guru Bahasa Inggris pra-jabatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen observasi dan wawancara. Dari pertanyaan penelitian pertama ada tiga tema yang muncul. Studi ini menemukan bahwa guru prajabatan mengalami kecemasan saat membuka kelas, ketika siswa mengajukan pertanyaan, dan ketika mereka salah pengucapan atau lupa kosa kata Bahasa Inggris tertentu. Berdasarkan dari pertanyaan penelitian ke dua, yang mengkaji gaktor-faktor yang menyebabkan guru pra-jabatan mengalami kecemasan saat mengajar, ada empat tema yang muncul. Yang pertama, guru pra-jabatan merasa kurang berpengalaman dalam mengajar EOP dan kurangnya pengetahuan konten bahan ajar. Yang kedua adalah kurangnya kepercayaan diri dalam kompetensi bahasa Inggris mereka secara umum. Ketiga adalah mengajar siswa dengan kemampuan yang bervariasi. Yang terakhir adalah mengajar siswa yang lebih tua dari mereka. Ada beberapa implikasi dari penelitian ini seperti: dosen dapat memperoleh referensi untuk mempersiapkan kegiatan yang dapat membuat guru pra-jabatan akrab dengan konteks EOP. Selain itu, dosen dapat memberikan pelatihan khusus tentang cara mengajar pembelajar dewasa secara efektif. Terakhir, guru prajabatan dapat fokus berlatih sebelum mengajar untuk mengurangi kecemasan mereka dan menghindari kesalahan dalam mengajar. This study aims to investigate pre-service English teachers’ anxiety in teaching English for Occupational Purposes (EOP) classes and to explore the main factors of teaching anxiety during teaching EOP classes. The participants of this study were six pre-service English teachers. This study implemented qualitative method and the instruments were observation and interview. From research question (RQ) 1 there were three themes which emerged. The study found that pre-service teachers experienced anxiety when opening the class, when students asked questions, and when they had mispronunciations or forgot certain vocabulary. Based on RQ 2 which examines the factors that cause pre-service teachers to experience anxiety while teaching, there were four themes which emerged. The first, the pre-service teachers’ perceived lack of EOP teaching experience and lack of content knowledge. The second was lack of confidence in their English in general. The third was teaching mixed ability students. The last was teaching students who were older than them. There were several implications of this study such as: the lecturer can gain references for preparing activities that can make pre-service teachers familiar with EOP context. In addition, lecturers can provide trainings specifically on how to teach adult learners effectively. The last, the pre-service teachers can focus to practice before teaching to decrease their anxiety and avoid wrong in teaching.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EOP classes, pre-service English teachers, teaching anxiety |
Subjects: | L Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Kependidikan dan Humaniora > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 03:12 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 03:12 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7364 |
Actions (login required)
View Item |