Ratna Indah Widhiastuty (2022) POLA ASUH BERBASIS PENDIDIKAN KRISTIANI TERHADAP REMAJA SEBAGAI GENERASI Z DI GEREJA KRISTEN INDONESIA GEJAYAN. Thesis (S2) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Tesis Kajian Konflik dan Perdamaian)
51200037_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text (Tesis Kajian Konflik dan Perdamaian)
51200037_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Remaja sebagai generasi Z merupakan generasi dengan karakteristik yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi Z dikenal sebagai digital native, karena mereka hadir di tengah perkembangan teknologi. Kondisi ini menimbulkan perbedaan pandangan dan harapan antara orangtua dengan remaja sebagai generasi Z mengenai pola pengasuhan. Pola pengasuhan yang diterapkan oleh orangtua kepada remaja seringkali tidaklah sesuai dengan konteks, sebab orangtua kerap mengadopsi pola asuh konvensional atau warisan sebagaimana dirinya diasuh di masa lalu. Menyikapi kesenjangan tersebut, diharapkan pola asuh yang berlandaskan pendidikan kristiani dapat menjembatani kerenggangan relasi antara orangtua dan remaja sebagai generasi Z. Pertanyaan penelitian yang akan diajukan dalam tesis ini yaitu: Apa saja jenis pola asuh yang diterapkan oleh orangtua pada remaja sebagai generasi Z dan bagaimana persepsi remaja mengenai pola asuh yang diterapkan orangtua kepadanya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuisioner menggunakan google form kepada responden yang merupakan orang tu dan remaja sebagai generasi Z di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Gejayan. Kuisioner merupakan salah satu alat pengumpulan data secara tidak langsung. Dengan menggunakan alat ukur skala likert yaitu salah satu bentuk skala yang dilakukan untuk mengumpulkan data demi mengetahui atau mengukur berbagai variabel yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua teori pola asuh yaitu: pertama, pola asuh Baumrind. Teori pola asuh Baumrind adalah teori klasik yang hingga hari ini masih relevan digunakan dan pola asuh menurut Zarra yang merupakan kajian mengenai pola asuh yang diterapkan orangtua kepada generasi Z. Sebagai tinjauan teologis atas tesis ini penulis menggunakan teologi inkarnasi menurut Andrew Root sebagai dasar teologis pola asuh bagi remaja sebagai generasi Z. Dan sebagai perwujudan pola asuh berbasis Pendidikan kristiani bagi remaja sebagai generasi Z penulis menggunakan pendekatan yang ditulis oleh Jack L.Seymour. Temuan dari penelitian ini adalah diperlukannya pola pengasuhan yang inkarnasional bagi remaja sebagai generasi Z.
Item Type: | Student paper (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Remaja Generasi Z, Digital Native, Teologi Inkarnasi, Pendidikan Kristiani, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Gejayan |
Subjects: | B Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi B Filsafat. Psikologi. Agama > Agama B Filsafat. Psikologi. Agama > Teologi Praktis B Filsafat. Psikologi. Agama > Teologi Praktis > Pendidikan Agama |
Divisions: | Fakultas Teologi > Magister Kajian Konflik dan Perdamaian |
Depositing User: | Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 03:32 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 03:32 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7354 |
Actions (login required)
View Item |