PENGARUH JUMLAH SEGMEN OPERASI PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU LAPORAN KEUANGAN DENGAN REPUTASI KAP SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011 – 2015.

12140033, SANDRA GALUH ASMARAWATI (2018) PENGARUH JUMLAH SEGMEN OPERASI PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU LAPORAN KEUANGAN DENGAN REPUTASI KAP SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011 – 2015. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansii)
12140033_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (802kB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12140033_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Informasi yang terkandung dalam laporan keuangan harus relevan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam proses pengambilan keputusan. Tuntutan akan kepatuhan terhadap ketepatan waktu dalam menyampaikan laporan keuangan perusahaan publik di Indonesia telah diatur dalam Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Nomor KEP-346/BL/2011 tentang Penyampaian Laporan Keuangan Berkala Emiten atau Perusahaan Publik. Dalam lampirannya, yaitu Peraturan Bapepam Nomor X.K.2, menyebutkan bahwa laporan keuangan tahunan harus disertai dengan laporan akuntan dengan pendapat yang lazim dan disampaikan kepada Bapepam selambat-lambatnya pada akhir bulan ketiga (90 hari) setelah tanggal laporan keuangan tahunan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu laporan keuangan. Faktor – faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah jumlah segmen operasi dan reputasi KAP sebagai variabel moderasi. Data yang digunakan yaitu data sekunder perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011 – 2015. Jumlah perusahaan yang digunakan sampel dalam penelitian ini sebanyak 134 perusahaan, sehingga terpilih sebanyak 647 objek pengamatan. Analisis data yang digunakan yaitu Logistic Regression Analysis pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menemukan bahwa jumlah segmen operasi perusahaan tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu laporan keuangan. Namun adanya Reputasi KAP mampu memperkuat pengaruh jumlah segmen operasi perusahaan terhadap ketepatan waktu laporan keuangan, sehingga semakin banyak jumlah segmen operasi perusahaan dengan KAP Big 4 dapat meningkatkan ketepatan waktu laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Ketepatan waktu laporan keuangan, Segmen Operasi, Reputasi KAP
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: ms maria sema - keluar
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:48
Last Modified: 07 Aug 2020 03:48
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item