PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN PERUSAHAAN YANG MENGUNTUNGKAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

12140001, VIRGINIA YOHANNA SETIAWAN (2018) PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN PERUSAHAAN YANG MENGUNTUNGKAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12140001_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (942kB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12140001_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan pertumbuhan dan peningkatan laba merupakan tujuan utama bagi perusahaan dalam menjalankan dan mengelola bisnisnya. Dalam mencapai pertumbuhan perusahaan yang menguntungkan, perusahaan akan cenderung untuk berfokus pada salah satu dari tujuan utamanya yaitu pertumbuhan atau laba. Penelitian ini menggunakan sampel data perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode pengamatan dari tahun 2012-2016. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik biner. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh profitabilitas (return on assets) tehadap pertumbuhan perusahaan yang menguntungkan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh leverage (debt to assets ratio), ukuran perusahaan, dan umur perusahaan terhadap pertumbuhan perusahaan yang menguntungkan. Pertumbuhan perusahaan yang menguntungkan didefiniskan berdasarkan 2 kriteria yaitu pertumbuhan aset dan pertumbuhan laba. Pertumbuhan perusahaan akan digolongkan sebagai pertumbuhan yang menguntungkan bila nilai pertumbuhan aset dan pertumbuhan laba adalah positif, sedangkan pertumbuhan perusahaan digolongkan sebagai pertumbuhan yang kurang menguntungkan bila nilai pertumbuhan aset positif namun nilai pertumbuhan laba negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (return on assets) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan yang menguntungkan. Namun leverage (debt to assets ratio), ukuran perusahaan, dan umur perusahaan tidak berpengaruh pada pertumbuhan perusahaan yang menguntungkan. Oleh karena itu, perusahaan yang berfokus laba akan lebih berpotensi untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dibandingkan dengan perusahaan yang hanya berfokus pada pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan perusahaan yang menguntungkan, profitabilitas (return on assets), leverage (debt to assets ratio), ukuran perusahaan, umur perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: ms maria sema - keluar
Date Deposited: 22 Jul 2020 06:52
Last Modified: 22 Jul 2020 06:52
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item