PERILAKU PEDAGANG PASAR DALAM BERINTERAKSI DENGAN STAKEHOLDER, AGAMA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Setio, Robert and Wibowo, Wahju Satria and Widihantoro, Edy Nugroho (2019) PERILAKU PEDAGANG PASAR DALAM BERINTERAKSI DENGAN STAKEHOLDER, AGAMA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. LPPM UKDW. (Unpublished)

[img] Text (Artikel Teologi, penelitian LPPM UKDW)
Artikel jurnal.pdf

Download (482kB)

Abstract

Dengan meningkatnya ketegangan hubungan antar pemeluk agama yang berbeda menjadi penting untuk diteliti dampaknya pada perilaku sehari-hari. Salah satu perilaku sehari-hari adalah perilaku perdagangan di pasar-pasar tradisional. Tulisan ini merupakan hasil penelitian terhadap interaksi antara pedagang, pembeli dan pensuplai barang di 4 pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan penyebaran pertanyaan kuesioner kepada 150 responden dan wawancara terfokus pada beberapa responden pilihan. Hasil penelitian memperlihatkan tidak signifikannya pengaruh perbedaan agama bagi perilaku para pedagang di pasar-pasar yang diteliti. Artinya, jika sikap preferensi terhadap pemeluk agama yang sama terjadi di beberapa lini kehidupan sosial, hal tersebut nyaris tidak terjadi dalam lini ekonomi.

Item Type: Article
Additional Information: Penulis : Robert Setio, Wahju Satria Wibowo, Edy Nugroho
Uncontrolled Keywords: perilaku, hubungan antar agama, ekonomi, mediasi
Subjects: B Filsafat. Psikologi. Agama > BL Agama
H Ilmu Sosial > HC Sejarah dan Kondisi Ekonomi
Depositing User: Dhian Saraswati
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:39
Last Modified: 14 Jul 2023 01:34
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7049

Actions (login required)

View Item View Item