PEMBUATAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE MENGGUNAKAN GOAL DIRECTED DESIGN DAN UJI USABILITAS STUDI KASUS SMA TRI DHARMA, ENDE

Wolfhardus Alexander Rabu (2022) PEMBUATAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE MENGGUNAKAN GOAL DIRECTED DESIGN DAN UJI USABILITAS STUDI KASUS SMA TRI DHARMA, ENDE. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71150115_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (7MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71150115_bab2 sd bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

SMA Tri Dharma adalah salah satu sekolah di kota Ende yang diharuskan melakukan pembelajaran dari jauh atau secara online (e-learning) oleh pengaruh perkembangan teknologi dan masa pandemic covid-19. Hanya menggunakan bantuan aplikasi whatsapp membuat guru kesulitan melakukan pembelajaran online. Kesulitan memberi atau mengakses materi, kesulitan memberikan tugas, dan juga mengadakan ujian, penyampain materi menjadi terbatas oleh guru dan juga siswa kesulitan untuk memperoleh materi yang diberikan karena terbatas. Pemberian materi dan tugas juga bisa dilakukan sampai beberapa jam dan juga sampai beberapa hari oleh guru. Hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk membuat website untuk mendukung pembelajaran secara online (e-learning) dengan bantuan aplikasi learning management system moodle dan dengan menggunakan metdoe goal directed design untuk mengetahui tujan dari pengguna sehingga website yang dibangun sesuai dengan tujuan dari pengguna. Selain itu dalam penelitian ini juga menggunakan task success dan kuesioner software usability measurement inventory untuk mengetahi sudah sebaik apa pengguna dalam menggunakan web, kepuasan dan kenyaman web saat digunakan oleh pengguna. Metode dalam penelitian ini adalah goal directed design dengan berfokus kepada pengguna dari SMA Tri Dharma Ende dengan jumlah 3 guru, 11 siswa dan 1 guru yang bertugas sebagi admin. Langkah – langkah dalam penelitian ini melakukan proses pengumpulan data research, melakukan permodelan persona pengguna modelling, menyusun kebutuhan requirements, membuat rancangan sistem framework, implementasi pembangunan sistem refinenment, uji dan evaluasi sistem support yang dilakukan menggunakan task success dan kuesioner software usability measurement inventory. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode goal directed design berhasil dilakukan dengan tercapainya tujuan dari pengguna yaitu dapat melakukan pembelajaran secara online. Hal ini juga didukung dari hasil pengujian dan evaluasi terhadap website menggunakan task success dan kuesioner software usability measurement inventory diketahui bahwa website yang telah dibangun mudah digunakan oleh pengguna dan pengguna sudah merasa nyaman dan puas dalam menggunakan website untuk melakukan pembelajaran secara online.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: E-learning , Website, Goal Directed Design, Moodle, Learning Management System, Task success, Software Usbality Measurement Inventory
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA75 Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Jessica Dipta Novyana, A.Md
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:25
Last Modified: 05 Sep 2022 02:25
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7039

Actions (login required)

View Item View Item