ANALISIS DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUSKESMAS SAMBAS BERBASIS WEB

71150043, Reno Prasetya Anggriawan (2022) ANALISIS DAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUSKESMAS SAMBAS BERBASIS WEB. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71150043_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (599kB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71150043_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Puskesmas merupakan instansi kesehatan tingkat pertama yang bertujuan untuk melaksanakan upaya kesehatan di wilayah kerja puskesmas tersebut. Proses pelayanan yang terjadi puskesmas masih secara manual dimana hal ini didukung oleh penelitian sebelumnya masalah yang dialami selama ini adalah proses pelayanan akan membutuhkan waktu yang lama. Masalah ini yang menjadi dasar penelitian untuk membangun sebuah sistem informasi pelayanan untuk membantu meningkatkan kinerja pegawai puskesmas dalam melayani pasien. Penelitian ini dilakukan di puskesmas Sambas Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dimana metode ini memiliki keuntungan yaitu proses pengembangan sistem lebih cepat, dan metode ini melibatkan pengguna dalam proses pembuatan sistem hal ini akan menghasilkan sistem yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. sistem yang dibuat akan dievaluasi menggunakan skenario pengujian, Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengukur tingkat penerimaan pengguna terhadap teknologi dan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur kegunaan sistem yang dibuat kedua pengujian ini sesuai untuk dilakukan pada penelitian yang menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dimana metode RAD adalah metode yang melibatkan pengguna dalam pembuatan sistem agar sistem dapat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Dari hasil evaluasi yang dilakukan, hasil yang didapat cukup baik dari hasil waktu skenario pengujian menunjukan pasien dalam mengerjakan task mendapatkan nilai persentase 100%, pegawai dalam mengerjakan task mendapatkan persentase 89%, dan pegawai administrasi dalam mengerjakan task mendapatkan nilai persentase 91%. Pada hasil pengujian penerimaan dari 5 hipotesis yang diajukan. Diperoleh hasil yang menunjukan semua hipotesis tersebut diterima, Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemudahan dan kegunaan sistem informasi pelayanan untuk meningkatkan efektivitas pekerjaan pegawai meningkatkan minat dan sikap positif terhadap penggunaan sistem informasi pelayanan puskesmas Sambas, dengan adanya sikap positif terhadap penggunaan sistem juga meningkatkan minat pegawai dalam menggunakan sistem informasi pelayanan secara terus-menerus untuk menunjang kegiatan pegawai puskesmas dalam bidang pelayanan. Pada hasil pengujian kegunaan (Usability) dengan menggunakan metode System Usability Scale, diperoleh skor SUS yaitu 71,07. Berdasarkan skala SUS, sistem dikatakan sudah cukup baik dengan grade scale mendapatkan nilai C, adjective rating bernilai Good, dan acceptability ranges dapat diterima (acceptable).

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Rapid Application Development, Technology Acceptance Model , System Usability Scale
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
T Teknologi > Teknologi (Umum)
Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi > Sumber-sumber Informasi > Database
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 13 May 2022 04:39
Last Modified: 13 May 2022 04:39
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6906

Actions (login required)

View Item View Item