PUTRI SEJATI KRISTUS SEBUAH STUDI CROSS-TEXTUAL (REVISITED) ANTARA LUKAS 7:36-50 (YESUS DIURAPI OLEH PEREMPUAN BERDOSA) DENGAN KISAH AMBAPALI (WANITA PENGHIBUR YANG MENJADI ARAHAT)

52160002, Albert Teguh Santosa (2019) PUTRI SEJATI KRISTUS SEBUAH STUDI CROSS-TEXTUAL (REVISITED) ANTARA LUKAS 7:36-50 (YESUS DIURAPI OLEH PEREMPUAN BERDOSA) DENGAN KISAH AMBAPALI (WANITA PENGHIBUR YANG MENJADI ARAHAT). Masters thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
52160002_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
52160002_bab2-sd-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Listijabudi pada penelitian dissertasinya telah mengkritik dan mengembangkan Cross- Textual Interpretation dari Archie C.C Lee ke dalam sebuah tahap – tahap prosedur tehnis. Pada syarat – syarat cross-textual tersebut ada hal yang sangat krusial yaitu soal “pemilihan kedua teks”. Baik Lee maupun Listijabudi tidak memberikan detil lebih mengenai tehnis pemilihan teks tersebut. Penelitian ini disusun untuk mengkaji ulang masalah pemilihan teks tersebut dalam metode Cross-Textual Reading yang telah dikembangkan oleh Listijabudi. Pada prosedur tehnis pemilihan teks penelitian ini melibatkan komunitas tradisi lain untuk menemukan sebuah gaung atau resonansi. Untuk mencoba hal tersebut, penelitian ini melibatkan komunitas Kristen dan Buddhis sekaligus juga sebagai perayaan hibriditas Penulis. Melalui prosedur tersebut muncul dua teks yang memiliki gaung sama untuk saling dipertemukan yaitu Lukas 7:36-50 dan Kisah Ambapali. Kemudian dilanjutkan proses metode cross-textual reading versi Listijabudi untuk membuktikan sumbangsih penelitian ini soal pemilihan teks tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hermeneutik, Cross-Textual Reading, Buddhisme, Kristen, Dialog, Pemilihan Teks.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
Divisions: Fakultas Teologi > Magister Ilmu Teologi
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 09 Jul 2020 00:44
Last Modified: 14 Jun 2021 01:26
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item