GEREJA DAN HINTUWU SEBUAH STUDI PERJUMPAAN GEREJA DAN BUDAYA SERTA RELEVANSINYA BAGI MISI DAN KEPEMIMPINAN DI JEMAAT GEREJA PROTESTAN INDONESIA DONGGALA EFRATA LONCA

51160012, I Wayan Sastrawan (2019) GEREJA DAN HINTUWU SEBUAH STUDI PERJUMPAAN GEREJA DAN BUDAYA SERTA RELEVANSINYA BAGI MISI DAN KEPEMIMPINAN DI JEMAAT GEREJA PROTESTAN INDONESIA DONGGALA EFRATA LONCA. Masters thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Kajian Konflik dan Perdamaian)
51160012_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (584kB)
[img] Text (Tesis Kajian Konflik dan Perdamaian)
51160012_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy

Abstract

Gereja berasal dari Allah, tetapi gereja berada di dalam dunia. Gereja diutus oleh Sang Kepala gereja di dalam dunia untuk melanjutkan misiNya. Pernyataan ini menunjuk bahwa kehadiran gereja di dunia ini akan berhadapan dengan realita kehidupan dunia. Realita itu merupakan konteks kehadiran gereja yang memberi warna terhadap tugas dan panggilan gereja. Baik itu misi dan kepemimpinan gereja. Konteks kehadiran gereja beragam adanya. Salah satunya adalah keberagaman budaya. Stephen B. Bevans menyebutnya sebagai imperatif teologis. Yakni sebuah teologi yang mengindahkan pengalaman manusia, lokasi sosial, kebudayaan dan perubahan sosial secara sungguh-sungguh, sambil tetap menjaga keseimbangan. Teologi yang sesungguhnya berhadapan pada tiga kenyataan: kitab suci, tradisi gereja, dan pengalaman (konteks). Perjumpaan ini mengharuskan gereja untuk menunjukkan sikap kritisnya bahkan apresiasinya sebagai upaya membangun sebuah teologi kontekstual maupun interkultural. Tulisan ini memperlihatkan bagaimana perjumpaan gereja dengan budayayang bermanfaat untuk misi dan kepimpinan gereja di jemaat GPID Efrata Lonca. Adapun perjumpaan yang dimaksud adalah perjumpaan gereja dengan budaya hintuwu. Bagaimana kemudian perjumpaan tersebut dilihat dalam perspektif teologi kontekstual maupun interkultural sebagai sebuah pertimbangan terhadap misi dan kepemimpinan gereja di jemaat GPID Efrata Lonca.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gereja, Kontekstual, Perjumpaan, Budaya, Hintuwu, Misi, Interkultural, Kepemimpinan, GPID.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Teologi > Magister Kajian Konflik dan Perdamaian
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:31
Last Modified: 11 Jun 2021 04:45
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item