SOCIAL-AFFECTIVE STRATEGIES AND STUDENTS’ LISTENING ANXIETY: A STUDY OF EFL LEARNERS IN INDONESIA

81170022, Eunike Putri Chriswiyati (2021) SOCIAL-AFFECTIVE STRATEGIES AND STUDENTS’ LISTENING ANXIETY: A STUDY OF EFL LEARNERS IN INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170022_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170022_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka meneliti penggunaan social-affective listening strategy, kecemasan saat kegiatan listening (mendengarkan) dan hubungan antara kedua variabel tersebut terhadap 74 mahasiswa di luar bidang studi Bahasa Inggris sebagai pembelajar EFL di Indonesia. Dengan menggunakan survei, ditemukan bahwa pemberlajar EFL di Indonesia dengan tingkat yang tinggi menerapkan social-affective listening strategy dan mengalami tingkat kecemasan yang sedang saat melakukan kegiatan listening. Meskipun demikian, uji statistika Pearson correlation menunjukkan (r (n-2) = -.116, p > .05) yang merepresentasikan korelasi negatif yang tidak signifikan antara penggunaan strategi listening dengan social-affective listening dan kecemasaan saat mendengarkan. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa meskipun tingkat korelasi rendah, peningkatan pada penggunaan strategi listening dengan social-affective dapat menurunkan kecemasan saat mendengarkan narasi berbahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menyarankan peningkatan terhadap penggunaan strategi listening dengan social-affective dan kesadaran yang lebih dari pembelajar EFL terhadap kecemasaan saat mendengarkan narasi berbahasa Inggris. Rekomendasi terhadap penelitian di masa mendatang untuk dapat menggunakan sample peserta di jenjang pendidikan yang berbea dan menganalisis data secara lebih mendalam untuk klarifikasi lanjut atas hasil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Social-affective listening strategy, listening anxiety, EFL learners in Indonesia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ms Jessica Dipta Novyana
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:51
Last Modified: 28 Mar 2022 03:51
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6654

Actions (login required)

View Item View Item