ROLE PLAY AND SPEAKING ANXIETY: TEACHERS' AND STUDENTS' VIEWS

81170021, Selvie Gaman Goram (2021) ROLE PLAY AND SPEAKING ANXIETY: TEACHERS' AND STUDENTS' VIEWS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170021_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170021_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara kegiatan role-play dan kecemasan berbicara mahasiswa berdasarkan pandangan guru dan mahasiswa. Dengan menerapkan metode kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Pertama, observasi dilakukan guna menjawab pertanyaan penelitian pertama tentang sejauh mana partisipasi mahasiswa dalam kegiatan role-play. Selanjutnya, observasi dilakukan tiga kali di kelas Speaking yang memiliki kurang lebih dua puluh mahasiswa dan satu guru. Kedua, wawancara guna menjawab pertanyaan penelitian kedua tentang pandangan guru dan mahasiswa terhadap role-play dan hubungannya dengan kecemasan berbicara mahasiswa. Oleh karena itu, enam mahasiswa dari kelas berbicara yang sama dan dua guru yang menerapkan role-play di kelas telah diwawancarai dan hasil wawancara dianalisis menggunakan thematic analysis. Hasil dari wawancara kemudian dijadikan tiga tema. Tema pertama yaitu kecemasan berbicara mahasiswa memberi pengaruh buruk untuk penampilan role play mereka. Tema kedua yaitu situasi autentik membantu mahasiswa mengatasi kecemasan mereka. Tema ketiga yaitu persiapan dalam grup membantu mahasiswa mengurangi perasaan gagal mereka Ketika melakukan role play. Selain itu, karena studi kualitatif ini jarang terjadi, sebuah studi kuantitatif tentang topik ini sangat disarankan untuk melihat bagaimana hasil kuantitatifnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Role play, speaking anxiety, teachers’ views, students’ views
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ms Jessica Dipta Novyana
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:51
Last Modified: 28 Mar 2022 03:51
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6653

Actions (login required)

View Item View Item