THE USE OF MENTIMETER AS A MEDIUM OF DISCUSSION IN EFL CLASSROOM: STUDENTS' AND TEACHERS' PERSPECTIVES

81170020, Leonardho Jackly (2021) THE USE OF MENTIMETER AS A MEDIUM OF DISCUSSION IN EFL CLASSROOM: STUDENTS' AND TEACHERS' PERSPECTIVES. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170020_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170020_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Mentimeter dalam diskusi kelas dan untuk melihat perspektif guru dan siswa terhadap Mentimeter sebagai media diskusi. Metode kualitatif diterapkan untuk mengumpulkan data dari para partisipan. Untuk menjawab pertanyaan pada penelitian ini, dua dosen dan tiga mahasiswa telah diwawancarai mengenai sejauh mana Mentimeter digunakan dan pandangan mereka terkait Mentimeter sebagai media diskusi. Temuan dari hasil wawancara menunjukkan bahwa Mentimeter merupakan aplikasi yang serba guna dan sederhana yang dapat digunakan untuk mendukung aktivitas belajar. Terkait seberapa jauh Mentimeter digunakan, sebagaian besar, Mentimeter digunakan untuk kegiatan elisitasi, brainstorming, dan untuk mengklarifikasi hal-hal di tengah pelajaran. Lebih lanjut, terkait dengan perspektif, para siswa mengakui bahwa anonimitas yang diberikan oleh Mentimeter membuat mereka merasa lebih aman untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas. Selain itu, dari sudut pandang guru, Mentimeter sangat mudah digunakan dan tersedia banyak fitur, sehingga para guru dapat menghemat lebih banyak waktu dan memliki lebih banyak pilihan untuk aktivitas yang akan mereka terapkan di kelas mereka. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi acuan bagi para guru dalam menggunakan dan mengimplementasikan Mentimeter di kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Mentimeter, discussion media, interactive discussion
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ms Jessica Dipta Novyana
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:51
Last Modified: 28 Mar 2022 03:51
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item