FEAR OF NEGATIVE EVALUATION AND OUGHT-TO L2 SELF: A STUDY OF INDONESIAN HIGH SCHOOL SCIENCE STUDENTS

81170016, Kezia Marcellova Glory (2021) FEAR OF NEGATIVE EVALUATION AND OUGHT-TO L2 SELF: A STUDY OF INDONESIAN HIGH SCHOOL SCIENCE STUDENTS. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170016_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170016_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat FNE siswa SMA IPA, tingkat keharusan siswa untuk L2, hubungan antara FNE siswa dan ought-to L2 self mereka melalui survei dan faktor-faktor FNE siswa yang terkait dengan ought-to L2 self mereka melalui wawancara. Kuesioner dibagikan kepada 190 siswa sains sekolah menengah atas. Melalui statistik deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa siswa memiliki tingkat FNE sedang dan ought-to L2 self sedang. Melalui analisis korelasi, penelitian ini menemukan bahwa korelasi antara FNE siswa dan ought-to L2 self siswa lemah, tidak signifikan, dan arahnya positif. Berdasarkan level FNE, studi ini memilih enam partisipan yang terdiri dari dua murid berlevel tinggi, dua berlevel sedang, dan dua berlevel rendah. Melalui Analisis Tematik hasil wawancara, penelitian ini menemukan tiga faktor. Pertama adalah FNE yang lebih rendah dikaitkan dengan kemungkinan dampak negatif di masa depan dari tidak belajar bahasa Inggris. Kedua adalah FNE yang lebih rendah dikaitkan dengan keinginan masa depan untuk belajar di luar negeri. Terakhir adalah FNE yang lebih tinggi dikaitkan dengan persepsi pelafalan bahasa Inggris yang buruk yang ditemukan sebagai faktor FNE siswa dalam kaitannya dengan ought-to L2 self mereka. Berdasarkan temuan studi ini, guru bahasa Inggris harus memperkenalkan konsep Global Englishes dan meningkatkan perspektif siswa tentang belajar di luar negeri. Selain itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan kuesioner tentang belajar di luar negeri dan dibandingkan dengan FNE siswa dengan mengikutsertakan siswa kelas tiga sekolah menengah atas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: fear of negative evaluation, ought-to L2 self, thematic analysis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ms Jessica Dipta Novyana
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:51
Last Modified: 28 Mar 2022 03:51
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6649

Actions (login required)

View Item View Item