PENGEMBANGAN PROTOTYPE APLIKASI UNTUK LANJUT USIA DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN

71170136, Nicholas Christianto Wijaya (2021) PENGEMBANGAN PROTOTYPE APLIKASI UNTUK LANJUT USIA DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71170136_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71170136_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi sudah sangat pesat pada masa sekarang ini. Bagi penggunanya pun beragam dari kalangan muda dan tua. Yang paling populer dan paling sering ditemui yaitu smartphone. Namun walaupun semua kalangan dapat menjadi pengguna smartphone, tidak semua kalangan dapat menikmati penggunaan smartphone secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh desain aplikasi yang terkadang mengutamakan estetika dibandingkan kemudahan dalam penggunaan, terutama lansia yang menggunakan aplikasi tersebut. Hal-hal yang dapat dilakukan berupa menerapkan prinsip-prinsip yang baik untuk lansia terhadap aplikasi smartphone. Dengan dilakukan pengujian terhadap kelompok lansia dan non lansia, dilihat dari segi waktu dalam pengerjaan task dan juga error yang dilakukan dalam pengerjaanya dapat dilihat apakah tetap terdapat perbedaan performa dari kedua kelompok atau performa kedua kelompok hamper menyerupai. Selain dari segi kuantitatif, dilakukan juga pengumpulan data kualitatif untuk mengambil pendapat dari responden terhadap prinsip desain yang diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terkait penerapan prinsip-prinsip dari artikel yang disusun oleh Farage dan rekan rekannya mengenai desain yang baik bagi lansia yang didasarkan kepada faktor kesehatan lansia, prinsip-prinsip tersebut ada yang dapat diterapkan dan juga ada yang tidak, salah satu faktor penyebab mengapa tidak bisanya diterapkan ialah akibat dari kebiasaan penggunaan aplikasi yang ada pada smartphone. Serta saran akan penelitian yang serupa kedepannya yaitu menggunakan metode UCD dalam penentuan komponen seperti ikon yang akan digunakan, dan juga mencari cara untuk mengurangi ke-biasan dalam pengukuran waktu penyelesaian task akibat pembicaraan responden dengan penguji. Kata kunci: UCD, smartphone, aplikasi, lansia, kuantitatif, kualitatif

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: UCD, smartphone, aplikasi, lansia, kuantitatif, kualitatif
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 25 Mar 2022 04:04
Last Modified: 25 Mar 2022 04:04
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6626

Actions (login required)

View Item View Item