BUKAN HOMOSEKSUAL, BUKAN JUGA HOSPITALITAS! : SEBUAH INTERCULTURAL HERMENEUTICS ATAS KISAH SODOM DALAM KEJADIAN 19:1-19 OLEH KELOMPOK HOMOSEKSUAL DAN HETEROSEKSUAL

50160022, Vania Sharleen Setyono (2019) BUKAN HOMOSEKSUAL, BUKAN JUGA HOSPITALITAS! : SEBUAH INTERCULTURAL HERMENEUTICS ATAS KISAH SODOM DALAM KEJADIAN 19:1-19 OLEH KELOMPOK HOMOSEKSUAL DAN HETEROSEKSUAL. Masters thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
50160022_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (558kB)
[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
50160022_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)

Abstract

Di Indonesia, kisah Sodom dalam Kejadian 19:1-19 selalu dijadikan legitimasi untuk menolak eksistensi homoseksual, yang berujung pada diskriminasi dan kekerasan terhadap kelompok homoseksual. Berbagai wacana tafsir tentang teks ini mulai dikembangkan oleh para scholars: kelompok yang kontra homoseksual akan mengatakan bahwa penghukuman Allah atas kisah Sodom diakibatkan oleh dosa homoseksualitas sedangkan penafsiran pro homoseksual - yang mencoba untuk mengcounter penafsiran kontra homoseksual - mengatakan bahwa penghukuman disebabkan pelanggaran nilai hospitalitas di mana masyarakat Sodom ingin menyakiti tamu asing yang bermalam di rumah Lot. Penilitian ini bertujuan memperluas wacana tafsir yang sudah ada dengan menggunakan Intercultural Hermeneutics, sebuah pembacaan Alkitab dari perspektif pembaca awam homoseksual dan heteroseksual. Hasil penelitian menunjukkan penafsiran scholars - baik pro homoseksual maupun kontra homoseksual - ditemukan dalam ordinary readers yang ternyata berasal dari interpretive communities mereka (komunitas Kristen dan komunitas Muslim). Namun, setelah ordinary readers membaca teks secara seksama ditemukan bahwa yang menjadi persoalan adalah isu patriarki, yang ditemukan dalam adegan ketika Lot memberikan kedua anak perempuannya kepada penduduk Sodom guna “menyelamatkan” kedua tamunya. Adegan yang seringkali dilewatkan oleh pembaca justru menjadi perhatian bagi ordinary readers, yang ternyata dipengaruhi oleh pengalaman mereka hidup di Indonesia yang masih melanggengkan nilai-nilai patriarki.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Homoseksual, Sodom, Intercultural Hermeneutics, Kejadian 19:1-19, Ordinary Readers, Hermeneutik, Perjanjian Lama.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Teologi > Magister Ilmu Teologi
Depositing User: ms Melania Putri - Keluar
Date Deposited: 03 Jul 2020 00:55
Last Modified: 14 Jun 2021 01:23
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item