ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA 43 OPD DI KABUPATEN KARANGANYAR PROVINSI JAWA TENGAH)

12140057, VERNANDA VIVIAN JUWITA SARI (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEANDALAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA 43 OPD DI KABUPATEN KARANGANYAR PROVINSI JAWA TENGAH). Bachelor thesis, Univeristas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12140057_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (848kB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12140057_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keandalan laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah. Faktor-faktor yang akan diteliti adalah kapasitas sumber daya manusia, komitmen organisasi, pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah dan sistem pengendalian internal pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 43 OPD Pemerintah Kabupaten Karanganyar dengan pengukuran dari dua sisi yang berbeda untuk variabel independen dan dependen. Daftar pertanyaan variabel independen diberikan kepada pejabat pengelola keuangan daerah di 43 OPD sebagai pembuat laporan keuangan OPD sedangkan daftar pertanyaan variabel dependen diberikan kepada pegawai bagian akuntansi Badan Keuangan Daerah sebagai pemeriksa laporan keuangan OPD dan pembuat laporan keuangan pemerintah daerah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas sumber daya manusia tidak berpengaruh terhadap keandalan laporan keuangan pemerintah daerah sedangkan komitmen organisasi, pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah dan sistem pengendalian internal pemerintah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keandalan laporan keuangan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: laporan keuangan pemerintah daerah, keandalan, kapasitas sumber daya manusia, komitmen organisasi, pemahaman sistem akuntansi keuangan daerah, sistem pengendalian internal pemerintah, kabupaten karanganyar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Mr Yoshua Dwi Oktavianus Putra
Date Deposited: 22 Jul 2020 02:39
Last Modified: 22 Jul 2020 02:39
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item